SPK (Sistem Pendukung Keputusan) Rekrutmen pegawai di CV.Citra Tiara Transport dengan metode AHP (Analytic Hierarchy Process)

Rahmat Aminudin, Ade (2015) SPK (Sistem Pendukung Keputusan) Rekrutmen pegawai di CV.Citra Tiara Transport dengan metode AHP (Analytic Hierarchy Process). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Citra Tiara Transport adalah perusahaan yang bergerak dibidang travel. Sebagai salah satu perusahaan yang sedang berkembang, CV. Citra Tiara Transport membutuhkan tenaga kerja dengan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. SDM yang berkualitas diperoleh melalui proses perekrutan dan pengelolaan manajemen perusahaan yang tepat. Prosedur yang dilakukan dalam perekrutan pegawai yang berjalan saat ini, masih dengan cara menyeleksi satu persatu data pelamar yang masuk sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk memilih dan menentukan calon pegawai yang kompeten, selain itu penilaian proses rekrutmen di CV. Citra Tiara Transport saat ini dilakukan secara subyektif sehingga menyebabkan hasil akhir perekrutan terhadap calon pegawai dapat mengganggu kandidat yang memiliki kemampuan dan keterampilan tetapi tidak mempunyai nilai subyektifitas yang pada akhirnya tersingkirkan. Selain itu, terdapat adanya perbedaan penilaian pada tes seleksi sehingga membuat manager HRD dan staff HRD kesulitan dalam menghasilkan nilai hasil seleksi calon pegawai. Oleh karena itu, sebagai solusi dari permasalahan diatas dibangunlah sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Pegawai. Sistem pendukung keputusan yang dibangun menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP merupakan metode pengambilan keputusan yang membantu dalam menentukan prioritas dari beberapa kriteria. Metode teknik pengumpulan data, studi literature, observasi dan wawancara digunakan untuk masalah-masalah terkait. Teknik dan model analisis data menggunakan metode aliran terstruktur dengan menggunakan Data Flows Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD). Aplikasi yang akan dibangun berbasis web dan Database Management System (DBMS) menggunakan Mysql. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat mempermudah dalam menghasilkan nilai yang obyektif dalam penilaian rekrutmen calon pegawai dan memudahkan manager HRD dan staff HRD dalam menghasilkan nilai hasil seleksi sehingga mendapatkan calon pegawai yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Analytical Hierarchy Process
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27093

Actions (login required)

View Item View Item