Peranan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam Penanggulangan Pekerja Anak dikaitkan dengan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Juncto Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

Mukti Aristanti, Endang (2014) Peranan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam Penanggulangan Pekerja Anak dikaitkan dengan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Juncto Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pekerja anak adalah anak yang melakukan semua jenis pekerjaan yang memiliki sifat atau intensitas yang dapat mengganggu pendidikan atau berbahaya bagi tumbuh kembang anak secara fisik, mental, sosial maupun intelektualnya.Pekerja anak ini bekerja diberbagai sektor, diantaranya pertanian, perikanan, perdagangan, jasa,dll dengan sebagian besar bekerja pada jam kerja yang panjang. Permasalahan pekerja anak ini secara umum dipengaruhi oleh faktor kemiskinan, budaya dan keterbatasan akses pendidikan. Pemerintah telah meluncurkan Program Keluarga Harapan (PKH), yaitu program pemberian bantuan tunai bersyarat kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). Sebagai imbalannya RTSM peserta PKH diwajibkan memenuhi persyaratan terkait dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yaitu pendidikan dan kesehatan. Program ini dilakukan dengan tujuan mengurangi angka kemiskinan dan rantainya, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku RTSM yang relatif mendukung peningkatan kesejahteraan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pekerja Anak, Program Keluarga Harapan
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Hukum > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Hukum
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:08
Last Modified: 16 Nov 2016 08:08
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27726

Actions (login required)

View Item View Item