Makna Pesan Solidaritas Kolektif Dalam Film 7 Misi Rahasia Sophie (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Pesan Solidaritas Kolektif Dalam Film 7 Misi Rahasia Sophie)

Yasa Yahya, Aldi (2014) Makna Pesan Solidaritas Kolektif Dalam Film 7 Misi Rahasia Sophie (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Pesan Solidaritas Kolektif Dalam Film 7 Misi Rahasia Sophie). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang makna pesan solidaritas kolektif, bertujuan untuk mengetahui makna yang terdapat dalam film 7 Misi Rahasia Sophie yang berkaitan dengan solidaritas kolektif yaitu makna denotatif, makna konotatif, dan makna mitos/ideologi menurut Roland Barthes. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotikk Roland Barthes. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online (internet searching). Objek yang dianalisis merupakan sequence yang terdapat dalam film 7 Misi Rahasia Sophie dengan mengambil enam sequence. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga makna sesuai dengan semiotik Roland Barthes. Makna denotatif pada sequence Film 7 Misi Rahasia Sophie ini memperlihatkan peduli sesama orang dan lingkungan yang ada disekitar kita. Makna konotatif yaitu mengenai bagaimana seorang Sophie yang aktif dan terbuka melihat apa yang ada disekitarnya. Sedangkan makna mitos/ideologi yang dapat diambil yaitu indikasi bahwa peduli sesama orang sampai saat ini orang-orang kurang melakukannya dan lebih mementingkan dirinya sendiri. Hal ini dapat terlihat bagaimana solidaritas mulai lemah. Kesimpulan yang dihasilkan memperlihatkan pesan solidaritas dalam film sangat identik dan menonjol. Terlihat dengan adanya keinginan dan kekuatan yang terdapat dalam diri seseorang untuk saling peduli sesama orang dan lingkungannya. Peneliti memberikan saran bagi para sineas yang menggarap sebuah film untuk dapat mengangkat apa yang belum masyarakat ketahui dalam sebuah film dengan tampilan yang menarik. Film 7 Misi Rahasia Sophie sarat pesan solidaritas yang peduli sesama orang dan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Makna Solidaritas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28588

Actions (login required)

View Item View Item