Brand Image Yogya Departement Store Melalui Penggunaan Logo (Studi Kualitatif Deskriptif mengenai Brand Image Yogya Departement Store melalui Penggunaan Logo dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumennya)

Avy Lenstian, Anisa (2014) Brand Image Yogya Departement Store Melalui Penggunaan Logo (Studi Kualitatif Deskriptif mengenai Brand Image Yogya Departement Store melalui Penggunaan Logo dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumennya). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ��Brand Image Yogya Departement Store Melalui Penggunaan Logo (Studi Kualitatif Deskriptif Mengenai Brand Image Yogya Departement Store Melalui Penggunaan Logo Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumennya)��. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dimunculkan pertanyaan tentang bagaimana Keunggulan Merk, Kekuatan Merk dan Keunikan Merk. Tipe penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan memiliki jumlah informan sebanyak 4 (empat) orang yang diantaranya adalah staf Yogya Departement Store Divisi Promotions and Advertising dan Konsumen Yogya Departement Store. Uji keabsahan data menggunakan tringulasi data, diskusi teman sejawat dan membercheck. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Yogya Departement Store memiliki ketiga faktor pembentuk brand image tersebut yaitu Keunggulan Merk dari bentuk logo Yogya Departement Store yang memiliki unsur gambar didalamnya yaitu simbol menyerupai huruf Y, filosofi logo dari Yogya Departement Store ini yang mengartikan keseimbangan 3 komponen dari proses perkembangan perusahaan dan warna dari logo tersebut yang memiliki warna merah. Kekuatan Merk pada bentuk yang sederhana yaitu simbol menyerupai huruf Y yang merupakan inisial perusahaan. Kemudian warna yang mencolok yaitu penggunaan warna hangat seperti merah, hijau, kuning dan oranye pada atribut perusahaan. dan Keunikan Merk pada logo Yogya Departement Store terdapat dalam gambar yang ada dalam logo perusahaan ini dimana banyak kompetitor yang memakai nama perusahaan sebagai logo tanpa gambar, originalitas karena merupakan simbol yang dibuat dengan kreativitas sendiri dan juga unsur budaya timur dalam gambar atau simbol di logo Yogya Departement Store yang terlihat seperti ornamen batik yang mengisyaratkan bahwa perusahaan ini adalah asli milik Indonesia. Kesimpulan adalah Yogya Departement Store membentuk Brand Image melalui penggunaan logo yang dibentuk dari 3 faktor yaitu Keunggulan Merk, Kekuatan Merk dan Keunian Merk yang dapat mempertahankan loyalitas konsumennya. Loyalitas yang ditunjukkan konsumen diantaranya dengan memilih Yogya Departement Store ketika sedang berada diluar kota, merasa kehilangan ketika berbelanja di tempat lain. Saran yang dapat diberikan ialah pembentukkan brand image yang lebih meluas, kemudian diharapkan perusahan lebih terbuka mengenai informasi yang bersifat umum kepada publik eksternal dan pembentukkan divisi baru yaitu PR yang dapat membantu mempublikasikan perusahaan kepada publik eksternal secara luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Merk, Public Relations, Marketing Public Relations, logo, loyalitas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28590

Actions (login required)

View Item View Item