Konstruksi Makna Berdoa Melalui Media Sosial Twitter Dikalangan Mahasiswa Kota Bandung (Studi Fenomenologi Mengenai Konstruksi Makna Berdoa Melalui Media sosial Twitter Dikalangan Mahasiswa Kota Bandung)

Gusti Pangestu, Muhamad (2014) Konstruksi Makna Berdoa Melalui Media Sosial Twitter Dikalangan Mahasiswa Kota Bandung (Studi Fenomenologi Mengenai Konstruksi Makna Berdoa Melalui Media sosial Twitter Dikalangan Mahasiswa Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengetahui Makna Berdoa Melalui Media sosial Twitter Dikalangan Mahasiswa Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai-nilai agama yang dipahami oleh mahasiswa Kota Bandung, motif mahasiswa Kota Bandung dalam memaknai berdoa melalui media sosial Twitter, dan pengalaman bagi mahasiswa Kota Bandung selama menggunakan media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi fenomenologi dengan informan yang berjumlah 6 (lima) orang. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, dan internet searching. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai agama yang dipahami oleh mahasiswa Kota Bandung merupakan merupakan nilai-nilai yang bersumber dari apa yang telah diajarkan oleh orang tua dan sekolah mereka. Motif mahasiswa dalam melakukan berdoa melalui media sosial Twitter adalah Karena didorong oleh kondisi emosi atau perasaan yang sedang terjadi, didorong oleh keinginan untuk mengingatkan atau mengedukasi pengguna Twitter lainnya, serta keinginan untuk mendapatkan kepuasan diri. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa makna berdoa melalui media sosial Twitter dikalangan mahasiswa kota Bandung adalah merupakan bentuk ekspresi atau curahan hati mereka kepada Allah melalui perantara media sosial. Saran yang dapat peneliti berikan adalah mahasiswa sebagai kelompok intelektual gunakanlah media sosial sebagaimana fungsi yang sebenarnya, jangan sampai anda dicap sebagai mahasiswa yang bertopeng, karena dilihat dari perilakunya melalui media sosial khususnya Twitter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Twitter, Berdoa, Fenomenologi, Konstruksi makna
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28592

Actions (login required)

View Item View Item