Implementasi Learning Bayesian Network Pada 3d Game Sport Pingpong

Azaria Nurhalim Putra, Prama (2014) Implementasi Learning Bayesian Network Pada 3d Game Sport Pingpong. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

NPC yang menjadi musuh dalam permainan pingpong harus bisa memodelkan seorang pemain pingpong yang menerima dan melakukan serangan terhadap seorang player dengan tingkat akurasi atau kesesuaian arah pukulan yang sama dengan player. Serangan yang dilancarkan oleh NPC terhadap player ketika bola menghampiri pada umumnya bersifat Uncertainty (ketidakpastian). Ketidakpastian yang dimaksud disini adalah ketidakpastian posisi player dalam menentukan arah serangan yang dilancarkan oleh sebuah NPC melalui bola. Maka dari itu dibutuhkan sebuah metode untuk NPC agar dapat merubah behaviour agar NPC menjadi lebih baik dengan akurasi serangan yang akan dilancarkan. Serta perubahan behaviour sebuah NPC agar menjadi lebih pintar dalam melakukan penembakan. Jaringan Bayes merupakan salah satu kecerdasan buatan yang digunakan dalam hal �� hal yang bersifat Uncertainty. Setiap serangan yang dilancarkan oleh NPC akan berpengaruh berdasarkan kondisional pada node �� node pada bayesian network. Node �� node tersebut berdasarkan posisi kiri, kanan, dan tengah pada sebuah meja yang ada pada permainan pingpong, sehingga akan menghasilkan sebuah nilai terhadap masing masing event sesuai dengan kondisi tertentu. Dilakukan implementasi serta pengujian jaringan bayes agar NPC dapat merubah akurasi dalam penembakan serta merubah behaviour NPC sesuai dengan hasil iterasi pada perhitungan bayes. Perubahan Behavior terjadi apabila nilai dari salah satu node lebih tinggi dibandingkan node yang lainnya. Sedangkan tingkat akurasi terdapat 3 parameter, rendah, normal, dan tinggi. Dengan menggunakan Bayesian Network, mengubah tingkat akurasi rendah menjadi normal atau tinggi. Sehingga kecerdasan buatan Jaringan Bayes ini dapat merubah NPC menjadi semakin cerdas dalam bermain pingpong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bayesian Network, Uncertainty, NPC, Pingpong
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28658

Actions (login required)

View Item View Item