Implementasi Algoritma Boids Untuk Formasi Agen Pada Game Perang

Ardian, Ryan (2014) Implementasi Algoritma Boids Untuk Formasi Agen Pada Game Perang. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perang tidak pernah lepas dari formasi, formasi merupakan bagian terpenting dalam strategi perang. Game yang mengangkat tema peperangan sudah banyak dibuat, pada game sejenis penerapan formasi hanya kepada NPC saja sedangkan agen (player) tidak memiliki perilaku khusus, yaitu agen (player) hanya bergerak secara tunggal tanpa adanya pasukan sehingga tidak dapat membentuk suatu formasi. Algoritma Boids merupakan sebuah algoritma hasil dari simulasi gerakan berkelompok. Algoritma boids didefinisikan sebagai suatu jenis algoritma yang mempresentasikan gerak sebuah kawanan burung. Algoritma boids memiliki 3 aturan yaitu, separation, alignment dan cohesion. Berdasarkan aturannya algoritma boids cocok diimplementasikan untuk membuat formasi. Pengujian game ini menggunakan pengujian blackbox dan whitebox yang menguji fungsionalitas dari simulasi dan pengujian algoritma boids terhadap agen. Hasil pengujian dari game ini menunjukan bahwa semakin tinggi nilai inputan pada setiap parameter maka semakin optimal formasi yang terbentuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Algoritma, boids, game, formasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28686

Actions (login required)

View Item View Item