Kualitas Pelayanan Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (Kppt) Kota Cimahi

Rahardian Permadi Arsy, Ikra (2014) Kualitas Pelayanan Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (Kppt) Kota Cimahi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Izin Mendirikan Bangunan (IMB) merupakan salah satu bentuk pelayanan perizinan yang di berikan oleh KPPT dari sekian banyak perizinan yang diberikan. Minimnya kepemilikan IMB Kota Cimahi juga menjadi bukti bahwa proses implementasi kebijakan IMB belum seperti yang diharapkan, tentunya banyak penyebab atau faktor pendorongnya seperti konteks sosial, ekonomi, isi kebijakan, perilaku atau sikap aparatur pemerintah. Teori yang digunakan dari Mahmudi (2005:229) menjelaskan bahwa kualitas pelayanan memiliki kriteria berupa kesederhanaan prosedur, kejelasan, kepastian waktu, akurasi produk pelayanan publik, kelengkapan sarana dan prasarana, keamanan, tanggung jawab, kemudahan akses, kedisiplinan dan kenyamanan, dengan tujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan IMB di KPPT Kota Cimahi. Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, desain penelitian yang digunakan adalah dengan teknik analisa deskriptif, sebagian besar data yang dikumpulkan melalui Observasi, wawancara terhadap informan, serta didukung oleh studi pustaka. Untuk informannya adalah aparatur KPPT sebagi pemberi layanan dan masyarakat pengguna layanan pembuatan IMB, Teknik penentuan informan adalah dengan teknik Purposive. Hasil penelitian menunjukan kualitas pelayanan yang diberikan oleh KPPT Kota Cimahi yang dilihat dari kesederhanaan prosedur yang dikatakan belum baik, kejelasan sudah dikatakan baik, kepastian waktu belum baik karena kesesuaian waktu yang diberikan tim teknis belum menentu dan tidak dapat dipastikan, akurasi produk layanan cukup baik, kelengkapan sarana cukup baik, keamanan sudah baik, tanggung jawab sudah baik, kemudahan akses kurang baik, kedisiplinan cukup baik, kenyamanan ruangan cukup baik. Saran dari penelitian ini perlu adanya perbaikan terkait dengan kepastian waktu guna memberikan rasa pasti terhadap masyarakat dalam pembuatan IMB di KPPT Kota Cimahi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, pelayanan, Izin Mendirikan Bangunan, Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28717

Actions (login required)

View Item View Item