Pembangunan aplikasi pembelajaran IPA Kelas 3 SD berbasis dekstop (Studi Kasus SD Negeri Jelegong)

Ruwanto, Kendi (2015) Pembangunan aplikasi pembelajaran IPA Kelas 3 SD berbasis dekstop (Studi Kasus SD Negeri Jelegong). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sekolah Dasar (SD) Negeri Jelegong merupakan SD Negeri di Provinsi Jawa Barat, yang berlokasi di Jalan Alternatif Jelegong Desa Balekambang Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi. Media pembelajaran IPA yang digunakan saat ini adalah buku paket dan alat peraga sederhana. Berdasarkan hasil kuesioner diperoleh kesimpulan bahwa 60% siswa kelas 3 mengalami kesulitan dalam mengingat dan memahami materi pelajaran IPA, selain itu berdasarkan hasil ulangan harian, sekitar 60% siswa kelas 3 memperoleh nilai total rata-rata dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65 pada materi pelajaran IPA. Hal ini dilatarbelakangi karena metode pembelajaran yang berjalan pada saat ini masih secara konvensional yaitu dengan cara menyampaikan materi melalui ceramah dan menuliskan materi di papan tulis. Metode pembelajaran tersebut masih dirasa kurang efektif, karena cenderung meminimalkan keterlibatan siswa sehingga guru tampak lebih aktif. Melihat dari pemasalahan yang ada sehingga perlu untuk menambah fasilitas pendukung pembelajaran yang mampu membantu siswa dalam memahami materi pelajaran serta meningkatkan minat belajar siswa. Materi yang ada pada buku pelajaran dapat lebih mudah dipahami jika disajikan dalam bentuk simulasi karena dapat digunakan untuk memperjelas materi yang ada. Pembangunan aplikasi pembelajaran ini harus melalui tahapan sesuai dengan metode pengembangan multimedia dan melakukan pengujian sistem yang terdiri dari pengujian black box dan beta, dimana pengujian black box berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak, sedangkan pengujian beta berfokus pada pengujian lapangan seperti pretest, posttest, kuesioner, dan wawancara. Berdasarkan hasil pengujian sistem, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran yang dibangun dapat membantu siswa dalam memahami materi mata pelajaran IPA dan meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Pembelajaran, IPA, Simulasi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28926

Actions (login required)

View Item View Item