Pengaruh Efisiensi Biaya Operasional dan Fee Based Income Terhadap Profitabilitas Pada Bank Swasta Nasional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Wardani, Puspa (2014) Pengaruh Efisiensi Biaya Operasional dan Fee Based Income Terhadap Profitabilitas Pada Bank Swasta Nasional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Efisiensi biaya operasional adalah perbandingan antara biaya operasional dengan pendapatan operasional sedangkan fee based income merupakan keuntungan atau pendapatan operasional bank yang didapat dari transaksi dalam jasa-jasa bank lainnya selain dari pendapatan bunga dimana keduanya dapat mempengaruhi Profitabilitas. Fenomena yang terjadi pada beberapa bank swasta nasional dalam setiap periodenya selalu terjadi penurunan dan peningkatan BOPO rasio dari efisiensi biaya operasional dan fee based income, tetapi profitabilitas tidak selalu menurun dan meningkat jika BOPO dan fee based income mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Efisiensi Biaya Operasional dengan menggunakan indikator BOPO dan Fee Based Income dengan menggunakan indikator Pendapatan Operasional Lainnya terhadap Profitabilitas yang menggunakan indikator Return On Asset. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode deskritif verifikatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 Bank Swasta Nasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan 5 tahun terakhir data laporan keuangan, jadi jumlah dalam penelitian ini sebanyak 30 data dan alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis korelasi, analisis determinasi dan uji hipotesis menggunakan Uji-t dan Uji-f. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial BOPO memberikan kontribusi pengaruh sebesar 9,5% terhadap ROA, sedangkan secara parsial fee based income memberikan kontribusi pengaruh signifikan sebesar 19% terhadap ROA pada Bank Swasta Nasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan secara simultan efisiensi biaya operasioanal (BOPO) dan fee based income memberikan pengaruh sebesar 28,5% terhadap profitabilitas (ROA) pada Bank Swasta Nasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Sedangkan sisanya sebanyak 71,5% merupakan besarnya kontribusi pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: efisiensi biaya operasional, fee based income, dan profitabilitas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28981

Actions (login required)

View Item View Item