Pengembangan learning management system di SMK N 1 Bulakamba

Wigiyanto (2015) Pengembangan learning management system di SMK N 1 Bulakamba. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMK Negeri 1 Bulakamba merupakan sekolah menengah kejuruan negeri yang menjadi salah satu subsistem pendidikan nasional dan bertanggung jawab dalam membangun bangsa melalui pendidikan teknologi dan kejuruan. Salah satu penerapan pembangunan bangsa melalui pendidikan teknologi yang dilakukan SMK N 1 Bulakamba adalah dengan mulai menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan Learning Management System.Sistem yang saat ini sedang dikembangkan di SMK N 1 Bulakamba sudah memiliki beberapa fungsionalitas standar e-learning seperti penyampaian materi, quiz (ulangan), diskusi, chat dan lain sebagainya. Namun untuk quiz yang ada dalam sistem saat ini belum dapat melakukan koreksi otomatis pada jenis quiz esai. Sehingga meski guru mampu untuk mengadakan quiz esai melalui LMS ini harus melakukan koreksi secara manual yang tentunya membutuhkan waktu tidak sedikit. Hal inilah yang mendasari lahirnya sebuah pemikiran untuk pengembangan koreksi otomatis bentuk esai. Metode yang dapat digunakan dalam bidang koreksi esai otomatis cukup beragam, salah satunya adalah Latent Semantyc Analysis (LSA) yang hanya mementingkan kata kunci didalam sebuah kalimat tanpa memperhatikan karakteristik linguistiknya. Kata-kata tersebut direpresentasikan kedalam sebuah matriks yang kemudian diolah dengan teknik aljabar linier Singular Value Decomposition yang kemudian dilakukan proses perhitungan nilai Cosine Similarity untuk menentukan nilai kemiripan antar jawaban dan kunci jawaban. Berdasarkan hasil data penelitian alpha dan betha dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa pengembangan fungsionalitas koreksi esai di LMS SMK N 1 Bulakamba cukup dapat membantu proses koreksi hasil quiz esai yang telah dikerjakan oleh siswa dalam waktu yang cukup singkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LSA, Latent Semantyc Analysis, Singular Value Decomposition (SVD) , Cosine Similarity, koreksi esai otomatis.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28988

Actions (login required)

View Item View Item