Implementasi Speech To Text Dan Text To Speech Pada Aplikasi Traveling Conversations Assistance Berbasis Mobile

Irawan Hadi Kusuma, Agus (2014) Implementasi Speech To Text Dan Text To Speech Pada Aplikasi Traveling Conversations Assistance Berbasis Mobile. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dengan beragam daerah dan negara yang dikunjungi traveler terdapat beberapa kendala salah satunya adalah perbedaan bahasa. Kendala timbul ketika traveler akan menerjemahkan bahasa asing yang sulit untuk ditulis dan diucapkan seperti bahasa china, rusia dan lain sebagainya. Kendala lain tidak semua tempat yang dikunjungi traveler terdapat koneksi internet, hal tersebut mengakibatkan terbatasnya penggunaan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet dalam pengoperasiannya.Untuk mengatasi kendala tersebut, pada penelitian ini penulis membangun sebuah aplikasi Traveling Conversations Assistance berbasis mobile android yang mengimplementasikan speech to text dan text to speech. Di dalam aplikasi ini dibangun fitur Conversation Translator yang dapat membantu pengguna khususnya traveler dalam menerjemahkan bahasa yang diproses secara online. Fitur tersebut menggunakan Google Speech Recognition API untuk mengkonversi suara ke teks, Google Text To Speech API untuk mengkonversi teks ke suara, dan Microsoft Translator API untuk menerjemahkan bahasa. Untuk menunjang kegiatan traveling yang memiliki mobilitas tinggi dibangun fitur Favourite dan Phrasebook yang dapat diproses secara offline.Berdasarkan hasil pengujian Alpha dan Beta terhadap aplikasi Traveling Conversations Assistance ini, dapat disimpulkan bahwa aplikasi mudah digunakan dan dengan dibangunnya fitur Conversation Translator, Favourites, dan Phrasebook membantu pengguna khususnya traveler dalam berkomunikasi dengan orang asing yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Speech-To-Text, Text-To-Speech, Google Speech Recognition API, Google Text To Speech API, Microsoft Translator API
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29151

Actions (login required)

View Item View Item