Pengaruh rasio harga per nilai buku dan nilai tukar Rupiah/US Dollar terhadap return saham pada sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Rochman S, Maulia (2015) Pengaruh rasio harga per nilai buku dan nilai tukar Rupiah/US Dollar terhadap return saham pada sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Investasi di pasar modal selain memberikan hasil, juga mengandung resiko. Pengembalian saham merupakan selisih antara harga saham penutupan periode sekarang dengan harga saham periode sebelumnya dibagi dengan harga saham periode sebelumnya. Salah satu jenis rasio pasar yang sering dikaitkan dengan return saham adalah rasio harga per nilai buku. Rasio harga per nilai buku merupakan salah satu rasio pasar untuk mengukur kinerja harga pasar saham terhadap nilai bukunya.Pengembalian saham akan meningkat apabila nilai tukar menurun. Nilai tukar merupakan harga mata uang terhadap mata uang lain/asing.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh rasio harga per nilai buku dan nilai tukar terhadap pengembalian saham pada sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang diwakili oleh 9 (Sembilan) perusahaan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rasio harga per nilai buku mengalami peningkatan, nilai tukar mengalami penurunan dan pengembalian saham mengalami fluktuasi. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara rasio harga per nilai buku terhadap pengembalian saham dan antara nilai tukar terhadap pengembalian saham. Secara simultan rasio harga per nilai buku dan nilai tukar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengembalian saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rasio harga per nilai buku, Nilai tukar, dan Pengembalian saham
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30176

Actions (login required)

View Item View Item