Implementasi Virtual Reality Berbasis Android Menggunakan Google Cardboard (Studi Kasus Simulasi Tata Surya)

Rachmawan, Prasetyadhi (2016) Implementasi Virtual Reality Berbasis Android Menggunakan Google Cardboard (Studi Kasus Simulasi Tata Surya). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Teknologi saat ini berkembang sangat pesat, terutama di bidang multimedia yang semakin menyuguhkan hal-hal menarik dan interaktif seperti film kartun maupun animasi tiga dimensi (3D), sedangkan media pembelajaran saat ini masih didominasi oleh buku yang berisikan tulisan dan gambar saja, kedua hal tersebut menyebabkan berkurangnya minat belajar pada siswa. Metode pembelajaran diterapkan saat ini kebanyakan masih bersifat manual salah satunya materi tentang sistem tata surya dan segala sesuatu yang tergabung didalamnya. Penyampaiannya masih mempergunakan media seperti papan tulis beserta gambar-gambar dibuku, sementara materi sistem tata surya sangat sulit untuk ditemui dalam kehidupan sehari-hari, dibutuhkan suatu alat untuk mengetahui keberadaannya berupa teropong bintang (teleskop), sehingga mempersulit anak (siswa) untuk memahami materi dan membayangkan keberadaan sistem tata surya yang dipelajari dan akhirnya siswa cepat bosan pada kegiatan belajar mengajar. Virtual reality (VR) merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan kurang interaktifnya media pembelajaran. VR dapat membuat media pembelajaran menjadi lebih interaktif dan terlihat lebih nyata dengan adanya model-model 3D benda ruang angkasa yang menyerupai aslinya. Pada implementasi teknologi VR menggunakan Cardboard sebagai media VR, dan menggunakan library bernama cardboard.sdk. Game engine yang digunakan dalam membangun aplikasi simulasi tata surya adalah Unity 3D. Berdasarkan hasil dari pengujian secara fungsionalitas aplikasi ini sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan, sedangkan hasil dari pengujian beta yang melibatkan responden adalah bahwa aplikasi simulasi tata surya merupakan aplikasi yang interaktif yang dapat mendukung pembelajaran tata surya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: virtual reality, cardboard, android, tata surya
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item View Item