Representasi Pesan Pluralisme dalam Film CIN(T)A (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Pesan Pluralisme Verbal Dan Nonverbal Dalam Film CIN(T)A)

Gema Utami, Ratih (2012) Representasi Pesan Pluralisme dalam Film CIN(T)A (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Pesan Pluralisme Verbal Dan Nonverbal Dalam Film CIN(T)A). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kekuatan dan kemampuan film memang menjangkau banyak segmen sosial, film memiliki potensi untuk mempengaruhi khalayaknya. Artinya, film selalu mempengaruhi dan membentuk masyarakat berdasarkan muatan pesan dibaliknya. Film selalu merekam realitas yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat, dan kemudian memproyeksikannya ke dalam layar. Salah satu film independen yang menarik untuk diteliti adalah film Cin(T)a. Film ini merupakan film independen yang sarat akan pesan pluralisme di dalamnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui representasi pesan pluralisme secara verbal dan nonverbal dalam film Cin(T)a. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes untuk mengetahui makna denotatif, makna konotatif dan mitos/ideologi yang tersembunyi dalam film tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, studi kepustakaan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Cin(T)a merupakan film yang merepresentasikan pesan pluralisme melalui empat adegan verbal dan satu adegan nonverbal dengan berbeda scene yang dianalisis peneliti. Hasil penelitian tersebut adalah sebagai berikut: (a). Tuhan memiliki berbagai nama. (b). Kerukunan antarumat beragama; (c). Pentingnya komunikasi untuk menjaga keharmonisan; (d). Kebebasan beribadah bagi sesama umat beragama; (e). Usaha untuk memahami orang lain dalam perbedaan. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa film Cin(T)a mengandung pesan pluralisme verbal dan nonverbal yang dilihat dari makna denotasi, konotasi dan mitos pada setiap adegannya. Peneliti memberikan saran bagi para sineas agar dapat lebih mengangkat apa yang masyarakat belum ketahui dengan representasi kedalam sebuah film dengan tampilan yang menarik. Film yang dibuat sebaiknya mengandung nilai-nilai yang dapat ditangkap dengan baik oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Semiotik, pluralisme, media massa, film
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4192

Actions (login required)

View Item View Item