Efektivitas Komunikasi Metode Mengajar Dosen Unikom Bandung Terhadap Motivasi Mahasiswanya

Pamungkas, Eka (2017) Efektivitas Komunikasi Metode Mengajar Dosen Unikom Bandung Terhadap Motivasi Mahasiswanya. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Motivasi berprestasi menempati kedudukan yang sangat penting, karena motivasi akan mampu mendorong perilaku mahasiswa (students behaviour) untuk bergairah, bersemangat dan rasa senang dalam belajar, sehingga pada akhirnya akan mampu memperoleh prestasi belajar yang lebih baik. Mahasiswa tidak akan bersemangat, tidak bergairah, dan melakukannya hanya karena terpaksa, Motivasi akan mendorong dan menuntun mahasiswa untuk mau belajar. Dengan adanya motivasi, mahasiswa akan mampu memelihara semangatnya untuk belajar sampai tercapai apa yang diinginkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas komunikasi Metode Mengajar Dosen terhadap motivasi mahasiswa UNIKOM Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, dengan rancangan studi potong lintang (Cross Sectional Study) dengan jumlah sampel 100 orang, teknik sampling menggunakan Stratified Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengolahan data melalui anlisis univariate dengan persentase dan analisis bivariat dengan uji statistik Rank Spearman. Hasil penelitian membuktikan terdapat pengaruh antara efektivitas komunikasi Metode Mengajar Dosen terhadap motivasi mahasiswa UNIKOM Bandung. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi, maka diperoleh hubungan yang sangat kuat antara efektivitas komunikasi dengan motivasi mahasiswa. Besarnya pengaruh efektivitas komunikasi terhadap motivasi mahasiswa UNIKOM Bandung sebesar 68,39% dan sisanya 31,61% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti oleh penulis. Kesimpulannya dari penelitian ini adalah efektivitas Komunikasi Metode Mengajar Dosen adalah baik, dan motivasi mahasiswa UNIKOM Bandung adalah baik sehingga ditemukan terdapat hubungan antara efektivitas komunikasi metode mengajar dosen dengan motivasi mahasiswanya. Maka penulis memberikan saran hendaknya dosen dapat mempertahankan dan meningkatkan komunikasi metode mengajar dalam melaksanakan pembelajaran pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas komunikasi Cara Mengajar, Motivasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51707

Actions (login required)

View Item View Item