Aktivitas Komunikasi Tradisi Sandranan Desa Glagahwangi Klaten Jawa Tengah

Amalia, Gina (2017) Aktivitas Komunikasi Tradisi Sandranan Desa Glagahwangi Klaten Jawa Tengah. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguraikan secara mendalam tentang Aktivitas Komunikasi Tradisi Sadranan Desa Glagahwangi, Klaten Jawa Tengah. Untuk menjabarkannya, maka fokus masalah tersebut peneliti dibagi ke dalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu situasi komunikatif, peristiwa komunikatif, dan tindakan komunikatif pada Tradisi Sadranan Desa Glagahwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain etnografi komunikasi. Subjek penelitian adalah masyarakat adat Desa Glagahwangi sebanyak 5 (orang) orang informan melalui teknik snowball. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, studi kepustakaan, dokumentasi dan internet searching. Teknik uji keabsahan data dengan cara peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensi, pemeriksaan sejawat dengan diskusi dan pengecekan anggota. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, Situasi Komunikatif yang terdapat dalam tradisi Sadranan bersifat sakral, tempat pelaksanaannya yaitu Pemakaman umum, lapangan, dan rumah warga setempat. Peristiwa Komunikatif dalam tradisi Sadranan yaitu perayaan dalam bentuk ritual khusus yang dilaksanakan satu tahun sekali menjelang bulan ramadhan berdasarkan hari-hari besar Islam yang mbermula dari kebiasaan nenek moyang mereka untuk menghormati leluhurnya, sedangkan Tindakan Komunikatif yang terdapat dalam tradisi Sadranan yaitu berbentuk perintah, pernyataan, permohonan dan perilaku nonverbal. Simpulan dari penelitian ini bahwa aktivitas komunikasi tradisi Sadranan bermula dari kebiasaan nenek moyang mereka untuk menghormati leluhur datangnya bulan ramadhan yang pelaksanaannya dilakukan satu tahun sekali tanggal 25 dibulan ruwah (sya��ban), namun dalam setiap rangkaiannya mempunyai makna yang sama dan aktivitas yang sama. Penelitian ini memberikan saran agar masyarakat Desa Glagahwangi selalu melaksanakan tradisi sadranan sebagai warisan adat budaya leluhur yang sudah turun-temurun mengingat tradisi ini memiliki potensi pariwisata untuk publik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etnografi Komunikasi, Aktivitas Komunikasi, Situasi Komunikatif, Peristiwa Komunikatif, Tindakan Komunikatif, Tradisi Sadranan Desa Glagahwangi, Klaten Jawa Tengah
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51711

Actions (login required)

View Item View Item