Sistem Informasi Manajemen Proyek Berbasis Web Pada CV. Intan Barokah

Nurdin, Alu (2017) Sistem Informasi Manajemen Proyek Berbasis Web Pada CV. Intan Barokah. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Intan Barokah merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang jasa kontruksi. Berdiri sejak tahun 2013, disetiap tahunya CV. Intan Barokah biasa menangani 5 sampai 7 proyek, mulai dari pembangunan jalan, jembatan dan lainya. Berdasarkan hasil wawancara dengan penanggung jawab teknis kadang CV. Intan Barokah menangani 2 sampai 3 proyek dalam waktu bersamaan hal tersebut menimbulkan beberapa masalah. Masalah pertama yaitu kesulitan dalam pengawasan proyek karena pelaksana teknis harus bolak balik ke tempat proyek yang berjauhan sehingga menyebabkan keterlambatan. Selanjutnya masalah penjadwalan yang dibuat hanya menggunakan perkiraan kasar oleh pelaksana teknis yang menyebabkan melesetnya waktu penyelesaian proyek saat pengerjaan. Belum adanya manajemen resiko, sehingga resiko yang muncul dapat menghambat kinerja proyek. Kemudian belum adanya sistem pengawasan biaya dan waktu yang kadang pada saat pengerjaan proyek berlangsung biaya dan waktu aktual melebihi dari perencanaan yang menyebabkan berkurangnya keuntungan perusahaan. Beberapa metode yang dapat diterapkan pada proses manajemen proyek yaitu CPM, PIM dan EVM. CPM adalah teknik analisis jaringan kerja proyek yang digunakan untuk memprediksi durasi total proyek. PIM adalah salah satu metode untuk manajemen resiko yang menggunakan 2 parameter yaitu probabilitas kemunculan resiko dan dampak yang ditimbulkan oleh resiko. EVM adalah suatu metode yang mengintegrasikan hubungan antara biaya dan waktu serta memberikan gambaran tentang kondisi kelangsungan proyek. Untuk mengatasi beberapa masalah yang terjadi di CV. Intan Barokah maka akan diterapkan metode CPM untuk mengatasi masalah penjadwalan. Metode PIM akan digunakan untuk manajemen resiko, sehingga resiko yang teridentifikasi dapat segera dilakukan mitigasi. Metode EVM akan digunakan untuk mengawasi biaya dan waktu proyek, agar biaya dan waktu proyek saat pengerjaan dapat sejalan dengan perencanaan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah sistem informasi manajemen proyek yang dibangun pada CV. Intan Barokah dapat membantu mengatasi masalah yang terjadi dalam proses menajemen proyek di CV. Intan Barokah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Proyek, Manajemen, Konstruksi, Critical Path Method, Probability Impact Matrix, Earned Value Management.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51857

Actions (login required)

View Item View Item