Analisis Pangsa Pasar Dan Penetuan Produk Di Mochi Bakat Jaya Dengan Pendekatan Customer Relationship Management

Miqdad, Rofi (2017) Analisis Pangsa Pasar Dan Penetuan Produk Di Mochi Bakat Jaya Dengan Pendekatan Customer Relationship Management. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Mochi Bakat Jaya merupakan salah satu usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang bergerak dibidang makanan ringan yaitu mochi. Mochi Bakat Jaya beralamat di jalan bhayangkara gang kaswari no. 124 kota Sukabumi. Saat ini Mochi bakat jaya berkeinginan untuk meningkatkan pangsa pasar dan menentukan produk baru agar sesuai dengan keinginan pelanggan. Berdasarkan laporan penjualan tahunan pada tahun 2014 hingga 2016, diketahui bahwa penjualan mochi di Mochi Bakat Jaya selalu mengalami penurunan. Bapak Ujang Sukarya menyampaikan salah satu penyebab menurunnya penjualan di Mochi Bakat Jaya adalah karena kurangnya inovasi produk mochi. Customer Relationship Management dipilih agar hubungan perusahaan dengan pelanggan dapat terjalin dengan baik. Framework yang digunakan dalam pembangunan sistem ini adalah Framework Dynamic CRM meliputi Relationship Phase, Dynamic Relationship Management, dan Customer Information Type. Analisis pangsa pasar menggunakan metode STP yaitu Segmenting, Targeting, dan Positioning sedangkan untuk penentuan produk baru menggunakan voting yang akan dilakukan oleh pelanggan yang telah bertansaksi dengan Mochi Bakat Jaya. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan yaitu pengujian black box dan beta, Customer Relationship Management ini mampu membantu pemilik perusahaan dalam menganalisis pangsa pasar serta dapat menentukan produk baru yang akan diproduksi sesuai dengan hasil voting dan memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi mengenai Mochi Bakat Jaya. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi Mochi Bakat Jaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mochi Bakat Jaya, Customer Relationship Management, Framework Dynamic CRM, Analisis Pangsa Pasar, Penentuan Produk, Voting, STP, Segmenting, Targeting, Positioning
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51871

Actions (login required)

View Item View Item