Alat Pembelajaran Huruf Dan Angka Untuk Anak Usia Dini Berbasis Mikrokontroler Dan Modul Suara

Rinaldi, Angga (2017) Alat Pembelajaran Huruf Dan Angka Untuk Anak Usia Dini Berbasis Mikrokontroler Dan Modul Suara. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Mikrokontroler dapat dimanfaatkan sebagai komponen utama pada alat yang dibuat untuk mempelajari huruf dan angka bagi anak usia dini. Alat ini dirancang sedimikian rupa dengan output berupa suara dan tampilan huruf dan angka pada LCD, serta dengan adanya soal-soal yang di acak agar anak usia dini dapat mengukur kemampuan dalam mengingat huruf dan angka. Perancangan perangkat keras yang akan dibangun pada penelitian ini berupa sebuah mikrokontroler yang dikoneksikan dengan sensor-sensor dan dikemas dalam bentuk sederhana. Pada bagian perancangan mikrokontroler akan di program agar menjadi kompenen utama yang mengatur kinerja dari alat. Algoritma tersebut dituliskan pada sebuah Arduino IDE 1.6.5 dengan bahasa C/C++ kemudian disimpan pada Atmega2560 yang berada pada Arduino Mega2560, maka secara otomatis Arduino Mega2560 akan mengerjakan seluruh program. Setiap blok perangkat keras akan diuji apakah sudah sesuai dengan fungsinya atau belum. Perangkat keras yang akan diuji terdiri dari tombol huruf dan angka, sensor cahaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mikrokontroler, LDR, Algoritma, Arduino Mega2560, alat pembelajaran, anak usia dini, huruf dan angka
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51900

Actions (login required)

View Item View Item