Perancangan Sekolah Musik Inklusikhusus Anak Di Bandung

Fahmi, Syehabudin (2017) Perancangan Sekolah Musik Inklusikhusus Anak Di Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu pendidikan anak usia dini yang cukup dapat menunjang perkembangan ke arah lebih baik adalah Pendidikan seni musik. Pendidikan seni musik sebagai salah satu bidang studi yang memiliki tujuan membekali siswa untuk mengembangkan kemampuan pribadi. Kemampuan pribadi itu memuat materi pengembangan diri dan bersifat hafalan sehingga pengetahuan dan informasi yang diterima siswa sebatas produk hafalan. Pelajaran musik tersebut dapat berupa kegiatan bernyanyi sambil menari, membaca ritmis ketukan sederhana, dan memainkan alat musik secara sederhana. Pelajaran musik dapat melatih saraf motorik anak dalam bergerak, dapat memperluas dan memperkuat daya ingat anak sehingga membantu pengembangan kemampuan berbahasa anak, serta dapat meningkatkan tingkat konsentrasi (fokus) sehingga membantu anak lebih mudah untuk berinteraksi dengan yang lain. Sekolah Musik Inklusi Khusus Anak di Bandung bersifat non formal (kursus) bertujuan untuk menjelaskan tentang pentingnya pendidikan musik untuk anak usia dini, dan anak yang berkebutuhan khusus. Ini sebagai salah satu alternatif yang dapat ditempuh upaya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal ini meliputi jenis-jenis kegiatan musik yang dilakukan, melatih karakteristik, proses belajar musik, hingga pengaruh musik pada perkembangan anak usia dini. Pendidikan musik dapat dijadikan sebagai salah satu yang efektif dalam mengembangkan talenta anak dan membina anak usia dini dan anak yang berkebutuhan khusus agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan bakat dan minatnya, sekolah ini juga sebagai pembelajaran memiliki rasa empati dan simpati terhadap anak berkebutuhan khusus serta anak berkebutuhan khusus juga merasa percaya diri dan tidak malu dengan anak yang normal. Maka dari itu, Selain bertujun Untuk lebih menarik antusias orangtua untuk mengasah melatih motorik / minat dan bakat anaknya, Sekolah Musik Inklusi khusus Anak ini juga memiliki sebuah Visi dan Misi untuk semua orang, maka sekolah musik inklusi anak ini memberikan konsep perancangan sekolah musik dengan konsep Unity in Diversity untuk menciptakan suasana kebersamaan dalam lingkungan sekolah musik inklusi, Gaya Desain pada sekolah musik inklusi anak ini yaitu Gaya Desain Nautical yang mengambarkan suasana tepi pantai yang mengabungkan dua suasana yaitu antara di dalam laut dengan di daratan sehingga akan membuat anak lebih senang saat berada di lingkungan sekolah musik dengan suasna di dalam laut seprti pada film Spongebob Squarepant dengan suasana lingkungan yang di bawah laut sama seperti di daratan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Musik
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Interior > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Interior (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/52019

Actions (login required)

View Item View Item