PENGARUH PESAN IKLAN PENCURIAN LISTRIK PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA BARAT DAN BANTEN MELALUI RADIO TERHADAP PERUBAHAN SIKAP PELANGGAN DI KECAMATAN DAYEUHKOLOT KABUPAT

Rahayu, Mira (2004) PENGARUH PESAN IKLAN PENCURIAN LISTRIK PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA BARAT DAN BANTEN MELALUI RADIO TERHADAP PERUBAHAN SIKAP PELANGGAN DI KECAMATAN DAYEUHKOLOT KABUPAT. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten merupakan Badan Umum Milik Negara (BUMN) yang bertanggung jawab dalam penyediaan pemasokan listrik di daerah Jawa Barat dan Banten. Namun kendala yang dihadapi adalah semakin banyaknya kasus pencurian listrik di masyarakat. Maka dari itu lembaga Public Relationsnya mengkampanyekan iklan pemberantasan pencurian listrik lewat media massa salah satunya lewat radio. Penelitian ini dilakukan di PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten dengan maksud untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pesan iklan pencurian listrik terhadap perubahan sikap pelanggan di Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan teknik analisis deskriptif.. Teknik pengumpulan data ialah dengan wawancara, menyebarkan angket dan studi pustaka. Teknik sampling yang digunakan ialah dengan menggunakan teknik sampling berstrata proporsional. Teknik analisa data menggunakan korelasi parametric pearson product moment dengan menggunakan metode SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh isi pesan terhadap perubahan sikap adalah sebesar 98%, pengaruh teknik pengelolaan pesan terhadap perubahan sikap adalah 95%, pengaruh teknik penyampaian pesan terhadap perubahan sikap adalah sebesar 96%, pengaruh aspek kognitif terhadap pesan iklan adalah sebesar 95%, pengaruh aspek afektif terhadap pesan iklan adalah sebesar 32%, pengaruh aspek konatif terhadap pesan iklan adalah sebesar 97% dan pengaruh pesan iklan terhadap perubahan sikap adalah sebesar 97,6%. Sehingga pengolahan data dan pengujian hipotesis mengisyaratkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar pengaruh pesan iklan semakin besar perubahan sikap yang terjadi pada pelanggan. Kesimpulan, bahwa terdapat pengaruh yang besar dari pesan iklan pencurian listrik PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten terhadap perubahan sikap pelanggan di Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Saran kepada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten, sebaiknya isi pesan, teknik pengelolaan pesan dan teknik penyampaian pesan dalam iklan tetap dipertahankan, disiarkan kembali dengan format baru dan dibuat format acara yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5255

Actions (login required)

View Item View Item