Aplikasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Indonesia Menggunakan Augmented Reality

Sofyan, Fauzi (2017) Aplikasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Indonesia Menggunakan Augmented Reality. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Alat musik tradisional Indonesia menggunakan Augmented reality, merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan alat musik tradisional kepada setiap orang yang ingin mengenal, dan juga ingin mengetahui bagaimana bentuk dan nada suara dari alat musik tersebut. Aplikasi pengenalan alat musik tradisional ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta terhadap alat musik tradisional yang sebagaimana kita tahu utamanya banyak dari generasi muda saat ini kurang peduli dengan alat musik tradisional warisan dari leluhur kita dan lebih menyukai alat musik modern. Selain itu diharapkan juga dapat memudahkan setiap orang yang ingin mengenal alat musik tradisional indonesia tanpa harus pergi ketempat alat musik tersebut berasal, dan pada alat musik berbasis Agumented Reality ini dapat dimainkan dimanapun berada. Aplikasi Augmented Reality yang dibangun, berjalan pada platform mobile Android, dimana kamera akan bekerja sebagai sumber input yang kemudian akan membaca dan melacak marker (penanda) yang terdapat pada suatu media buku dengan sistem tracking. Selanjutnya aplikasi akan menampilkan alat musik sesuai dengan marker dari inputan kamera yang terdeteksi. Setelah alat musik 3D ditampilkan pengguna dapat melihat dan mengenal alat musik yang ditampilkan serta dapat memainkan nada dari alat musik tersebut dengan menggunakan virtual button. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dan dapat mengunduhnya secara online, untuk buku yang didalamnya terdapat marker alat musik tradisional ini juga pun dapat diunduh secara gratis dan dapat di print sendiri oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, alat musik tradisional, marker, objek 3D.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/52966

Actions (login required)

View Item View Item