Teknologi Augmented Reality Penentuan Keberadaan ATM Terdekat Berbasis Android

Armansyah Juniarto, Dicky (2017) Teknologi Augmented Reality Penentuan Keberadaan ATM Terdekat Berbasis Android. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

ATM dalam bahasa inggris dikenal dengan Automatic teller machine, atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Anjungan Tunai Mandiri. ATM merukan alat elektronik yang diberikan oleh bank yang kepada pemilik rekening yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara elektronis seperti mengecek saldo, mentransfer uang dan juga mengambil uang dari mesin ATM tanpa perlu dilayani seorang teller. Setiap pemegang kartu diberikan PIN (personal identification number), atau nomor pribadi yang bersifat rahasia untuk keamanan dalam penggunaan ATM. Asynchronous Transfer Mode atau Mode Transfer Asinkron (ATM) adalah nama sebuah jaringan khusus. ATM merupakan sebuah teknologi lapisan 2, yang dapat digunakan oleh siapa saja, namun sekaligus merupakan sebuah jaringan publik sebagaimana halnya Internet, dengan sistem pengalamatan yang dikelola secara rapi, sehingga setiap perangkat di dalam jaringan dapat memiliki sebuah identitas yang unik. Dengan melihat banyaknya mesin ATM yang terdapat di setiap wilayah di Indonesia, maka dari itu dibuatlah suatu aplikasi yang dapat membantu masyarakat dalam pencarian mesin ATM terdekat dan menentukan rute yang di ambil untuk menuju ATM tersebut menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang diintegrasikan dengan data POI (Point of Interest) yang menampilkan posisi lokasi suatu ojek dalam bentuk simbol secara nyata dari aplikasi smartphone, juga memanfaatkan metode Location Based Service (LBS) yaitu sebuah layanan yang memberikan informasi dimana posisi dan lokasi pengguna menjadi parameter utama. LBS ini akan diintegerasikan dengan Google Maps dan GPS (Global Positioning System) untuk mengetahui posisi pengguna dan mencari informasi tentang objek ATM. Informasi yang diberikan kepada pengguna berdasarkan longitude dan latitude tujuan pengguna. Sehingga setiap pengguna dapat mencari informasi tentang lokasi ATM terdekat yang ingin dikunjunginya dari smartphone yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Location Base Service, Automatic Teller Machine, Point of Interest, Google Maps, Augmented Reality.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/52968

Actions (login required)

View Item View Item