Denah Petunjuk Ruangan Kampus Universitas Komputer Indonesia Dengan Teknologi LBS Augmented Reality Berbasis Android

Ahmad Ganda Saputra, Yandi (2017) Denah Petunjuk Ruangan Kampus Universitas Komputer Indonesia Dengan Teknologi LBS Augmented Reality Berbasis Android. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Teknologi LBS (Location Based Service) merupakan teknologi masa kini yang banyak berperan aktif dalam kehidupan manusia. Dengan adanya teknologi ini kemudahan akses pencarian lokasi tujuan menjadi lebih cepat dan akurat. Pemanfaatan fitur Point Of Interest (POI) semakin mempermudah untuk penentuan titik lokasinya. Melihat pada tren visual teknologi saat ini, Augmented Reality (AR) menjadi semakin menarik untuk dipadukan. Dari teknologi Augmented Reality (AR) dan Location Based Service (LBS) ini memungkinkan untuk membantu para pengunjung (User) dalam mencari ruangan di kampus Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) secara menarik dari segi visual dan akurat dari pencarian ruangan. Aplikasi ini tertanam pada platform android. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur seperti Kategori Gedung, List Ruangan berikut Panduan dan Informasi. Untuk Kategori Gedung menampilkan beberapa pilihan lantai yang dimulai dengan proses scanning kemudian akan tampil dalam objek 3D berikut nama-nama ruangan yang ada di lantai tersebut. Dalam fitur ini, pengunjung (user) dapat memilih sekaligus melihat seluruh ruangan di lantai tersebut. Selain itu, pengunjung (user) dapat melihat langsung ruangan pada fitur list ruangan. Kemudian untuk informasi di dalamnya terdapat beberapa menu seperti panduan penggunaan aplikasi fungsi utama, informasi fakultas berikut profil pengembang aplikasi ini. Dengan aplikasi yang memadukan 2 teknologi ini berharap pengunjung (user) mampu mencari ruangan di kampus Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) secara menarik, akurat dan aktivitas kunjungan menjadi lebih efisien dan tersampaikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Location Based Service (LBS), Augmented Reality(AR), Point Of Interest(POI), UNIKOM, Scanning, objek 3D.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53006

Actions (login required)

View Item View Item