Model Komunikasi Pada Meme Internet Studi Kasus : Meme Tahun 2005-2017

Maya Pertiwi, Ella (2017) Model Komunikasi Pada Meme Internet Studi Kasus : Meme Tahun 2005-2017. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Internet merupakan salah satu media yang sangat populer di zaman sekarang ini baik dikalangan anak-anak maupun orangtua. Dengan internet, terdapat kemudahan dalam mencari berbagai informasi serta melakukan komunikasi dengan orang lain dalam waktu yang sangat cepat. Salah satu komunikasi melalui internet bisa menggunakan visual, teks, ataupun kombinasi keduanya. Bentuk komunikasi tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara, namun yang populer saat ini adalah dengan menggunakan meme internet. Meme bisa dikatakan sebagai informasi budaya, sedangkan meme yang dimaksud dalam penelitian ini adalah meme internet yang berupa sebuah gambar dan diatasnya ditambahkan tulisan melalui aplikasi digital. Meme internet ini biasanya mempunyai variasi yang didalamnya terdapat komponen yang diulang. Dengan menjadi fenomena di internet, sebuah meme bisa menyebar dengan sangat cepat dan meluas. Fokus yang dibahas dalam penelitian ini seperti adakah unsur visual pada meme yang membuat orang tertarik dan bagaimana model komunikasi yang tepat dalam meme internet yang menyebar cepat. Objek penelitian adalah visual meme yang diambil dalam website www.knowyourmeme.com dengan 50 meme populer. Analisis isi digunakan untuk mencari dan mengamati kecenderungan pada meme. Berdasarkan hasil analisis, diketahui unsur-unsur visual yang berkontribusi pada penyebaran meme serta model komunikasi yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Meme, Meme Internet, Komunikasi Visual, Model Komunikasi.
Subjects: ?? UNIK1472 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53279

Actions (login required)

View Item View Item