Penerapan Data Mining Pada Penjualan Produk Di AAliyah Menggunakan Metode Association Rule

Arifin, Hadid (2017) Penerapan Data Mining Pada Penjualan Produk Di AAliyah Menggunakan Metode Association Rule. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

AALIYAH merupakan butik yang dimiliki perorangan yang bergerak dibidang penjualan produk pakaian wanita seperti kaos, manset, kemeja, rok, celana, jas, jaket, dress, kerudung, asesoris, tas, sepatu dan lain sebagainya. Salah satu strategi pemasaran yang diterapkan pihak AALIYAH adalah pembuatan paket pada tiap event hari raya umat Islam. Namun dalam praktiknya, paket yang disediakan AALIYAH tersebut kurang diminati pembeli, dikarenakan pembuatan paket yang hanya berdasarkan selera yang dianggap bagus dan sedang trend tanpa didasari perhitungan atau pengolahan dari data penjualan yang telah dilakukan konsumen pada periode tertentu. Hal tersebut berdampak pada menurunnya peluang AALIYAH mendapatkan minat beli konsumen pada event tersebut.Salah satu cara untuk mengatasi masalah yang ada di AALIYAH adalah menggunakan pendekatan data mining dengan metode association rule. Data mining adalah proses menemukan pengetahuan yang menarik dari sejumlah data yang besar sedangkan association rule merupakan salah satu metode untuk menentukan pola dari suatu barang yang selalu dipilih dari setiap kejadiannya. Dalam menentukan association rule, terdapat dua tahap yang harus dilakukan, yaitu mencari frequent itemset (sekumpulan item yang sering muncul secara bersamaan) dan mencari aturan asosiatif berbentuk rule atau generate rule yang memenuhi syarat yang telah ditentukan. Dalam pembangunan aplikasinya, algoritma yang digunakan adalah FP-Growth. FP-Growth merupakan salah satu alternatif algoritma yang cukup efektif untuk mencari himpunan data yang paling sering muncul (frequent itemset) dalam sebuah kumpulan data yang besar. Secara keseluruhan association rule dapat membantu pihak AALIYAH menghasilkan pola konsumen berdasarkan penjualan untuk dijadikan paket. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dengan pengujian beta dan fungsional, aplikasi yang dibangun dapat membantu pihak AALIYAH untuk mengetahui pola pembelian dari data penjualan yang dimiliki AALIYAH untuk selanjutnya dijadikan acuan dalam menentukan paket yang akan ditawarkan kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: AALIYAH, butik, data mining, association rule, frequent itemset, generate rule, algoritma FP-Growth.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53464

Actions (login required)

View Item View Item