Analisis Dan Perancangan Prototype Sistem Keamanan Jaringan Menggunakan Unified Threat Management (UTM) Firewall Berbasis Linux Di DPRD Provinsi Jawa Barat

Anggriawan, Gigin (2017) Analisis Dan Perancangan Prototype Sistem Keamanan Jaringan Menggunakan Unified Threat Management (UTM) Firewall Berbasis Linux Di DPRD Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

DPRD Jawa Barat mempunyai insfrastruktur sistem informasi dan jaringa komputer untuk membantu dalam menjalankan fungsinya. Namun berdasarkan hasil pengamatan inventarisasi terdapat jenis ancaman serangan pada jaringan komputer di DRPD Provinsi Jawa Barat yaitu DDos, deface, illegal access server, spam, virus, malware, content illegal dan Spoofing. Salah satu sistem keamanan untuk mengatasi ancaman serangan tersebut yaitu dengan Unified Threat Management (UTM) firewall. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu PPDIOO merupakan singkatan dari Prepare, Plan, Design, Implement, Operate, dan Optimize Cisco. Lifecycle Services adalah pendekatan dengan enam fase. Pada penelitian ini menekankan pada analisis data �� data jaringan komputer dan ancaman penyerangan serta melakukan pengujian penyerangan pada topology komputer yang berjalan dengan menggunakan sistem keamanan jaringan Unified Threat Mangement (UTM) firewall berbasis Linux. Berdasarkan pengujian dengan metode blackbox yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya Unified Threat Management (UTM) firewall di DPRD Provinsi Jawa Barat mengatasi ancaman serangan seperti DDos, deface web, access illegal database, virus, malware, spam dan spoofing. Dalam mengatasi acamana tersebut diterapkanya kombinasi antara sistem keamanan seperti firewall, Intrusion Prevent System (IPS), anti-virus, anti-spam, content web filtering dan notification email dari masing- masing ancaman serangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Unified Threat Management (UTM) Firewall, keamanan jaringan komputer, PPDIOO, DDos, spoofing.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53488

Actions (login required)

View Item View Item