PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN UNIT BISNIS PADA PT.SARANASANGGA MEKARLUHUR DI WILAYAH BANDUNG BARAT

Widiawati, Sri (2004) PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN UNIT BISNIS PADA PT.SARANASANGGA MEKARLUHUR DI WILAYAH BANDUNG BARAT. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Persaingan merupakan hal yang sangat lumrah dalam suatu jenis usaha, namun hal ini akan memberikan berbagai dampak baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Untuk PT. Saranasangga Mekarluhur persaingan yang ada memberikan dampak yang negatif bagi tingkat loyalitas pelanggannya. Salah satu cara untuk dapat bertahan dalam persaingan tersebut atau bahkan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan PT. Saranasangga Mekarluhur mengeluarkan produk baru yaitu produk teh yang dimodifikasikan atau dicampur rasa buah-buahan dengan menyusun kembali program Bauran Pemasaran yang ada sekarang ini. Bauran Pemasaran adalah seperangkat variabel pemasaran yang terdiri dari variabel produk, harga, distribusi dan variabel promosi yang sepenuhnya dapat dikendalikan oleh perusahaan. Namun dalam menentukan variabel mana yang akan menjadi senjata perusahaan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, perusahaan perlu mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan oleh masing-masing variabel terhadap peningkatan loyalitas pelanggan. Untuk mengetahui besarnya pengaruh yang diberikan dari setiap variabel bauran pemesaran tersebut, maka diperlukan suatu metode yang mampu menganalisa besar kecilnya pengaruh yang diberikan, metode tersebut adalah metode analisis jalur (Path Analysis). Metode analisis jalur adalah metode yang paling cocok untuk menganalisa suatu hubungan kausal antar variabel, dengan metode ini, maka akan diketahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari setiap variabel yang ada. Dari hasil penelitian diketahui pengaruh langsung dari variabel produk, harga, distribusi dan promosi terhadap tingkat loyalitas pelanggan masing-masing memberikan konstribusi sebesar 7,8%, 2,3%, 5,8% dan 7,3%, sedangkan untuk pengaruh tidak langsung, masing-masing variabel mempengaruhi sebesar 13,1%, 7,5%, 11,6% dan 12,5%, secara keseluruhan variabel bauran pemasaran memberikan pengaruh sebesar 68%. Selain pengaruh langsung dan tidak langsung, dalam analisis ini diketahui juga pengaruh dari faktor luar sebesar 32%. Tidak semua pengaruh yang diberikan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini diketahui variabel yang memberikan pengaruh signifikan adalah variabel produk, distribusi dan promosi, sedangkan variabel harga dalam mempengaruhi tingkat loyalitas pelanggan tidaklah memberikan pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5395

Actions (login required)

View Item View Item