Pengembangan Sistem Informasi Pelatihan Berbasis Web Di PT Len Industri (Persero)

Fauzi Asari, Widi (2017) Pengembangan Sistem Informasi Pelatihan Berbasis Web Di PT Len Industri (Persero). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pemanfaatan sistem informasi dapat digunakan untuk pengembangan sumber daya manusia salah satu contohnya adalah sistem informasi pelatihan. Menurut Whitten, Bentley dan Dittman (2004) perancangan sistem informasi dapat dilakukan dengan mengintegrasikan berbagai macam pendekatan analisis dan desain sistem untuk aplikasi yang dianggap tepat untuk masalah tersebut atau disebut juga agile method. Menurut Whitten dan Bentley (2007) model-driven analisys merupakan sebuah pendekatan pemecahan masalah yang menekankan pembuatan gambar modelmodel sistem untuk mendokumentasikan dan memvalidasi sistem yang ada maupun usulan. Sebelum mengembangkan sistem informasi pelatihan diperlukan analisis sistem yang akan dibuat berdasarkan data-data serta kebutuhan yang dapat diperoleh berdasarkan observasi serta dokumen-dokumen yang tersedia. Analisis yang dilakukan adalah 5 fase yaitu definisi lingkup, analisis masalah, analisis pesyaratan, desain logis dan analisis keputusan. Setelah dilakukan analisis terhadap sistem maka dilakukan perancangan sistem. Perancangan sistem ini adalah dengan membuat desain fisik yang meliputi struktur basis data dan pembuatan desain antar muka. Perancangan struktur basis data tersebut terdiri 17 tabel, yaitu tabel karyawan, tabel pelatihan, tabel peran, tabel pengusulan, tabel karyawan pelatihan, tabel provider, tabel evaluasi pelatihan, tabel penilaian evaluasi, tabel jawaban kuisoner pelatihan, tabel kuisoner pelatihan, tabel unit kerja, tabel divisi, tabel berita pelatihan, tabel komentar berita pelatihan, tabel karyawan pengajuan, tabel kategori pelatihan dan tabel peningkatan pelatihan. Pembuatan desain antar muka dibagi menjadi 3 bagian yaitu admin, user dan valiator. Hasil analisis dan perancangan yang baik akan memudahkan dalam proses implementasi pembuatan aplikasi sistem informasi pelatihan dalam bentuk prototype, hal ini dilakukan untuk mengetahui fungsi-fungsi dapat berjalan dengan baik serta mempermudah installasi sistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Perancangan Sistem, Implementasi Sistem, Model driven analisys, Database Management System
Subjects: ?? UNIK1486 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54046

Actions (login required)

View Item View Item