Konstruksi Makna Profesionalisme Bagi Wartawan Di Harian Pagi Radar Bogor

Aidhina Putri, Fara (2017) Konstruksi Makna Profesionalisme Bagi Wartawan Di Harian Pagi Radar Bogor. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Maksud Penelitian ini untuk menjelaskan fenomena tentang Konstruksi Makna Profesionalisme Bagi Wartawan di Harian Pagi Radar Bogor. Dengan subfokus Proses, Pengalaman dan Realitas. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif denga Studi Fenomenologi. Informan penelitian berjumlah 3 orang, 2 informan kunci dan 1 informan pendukungyang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, studi literatur, internet searching dan dokumentasi. Teknik analisa data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa dalam hal ini dari seluruh proses yang dijalani wartawan Harian Pagi Radar Bogor akhirnya menimbulkan makna profesionalisme itu sendiri yakni profesionalisme bagi wartawan itu sendiri yaitu bekerja sesuai perintah dari atasan dan memenuhi segala tugas yang diberikan. Lalu dalam menjalankan tugas tidak pernah melanggar Kode Etik Jurnalistik dan Undang-Undang Pers yang telah disahkan. Bagi peneliti pengalaman yang telah dicapai akan berpengaruh pada pekerjaan sebagai wartawan dan dengan pengalaman informan maka informan sudah profesional dalam melaksanakan tugas. Dengan adanya realitas pada lapangan bahwa seluruh wartawan Indonesia tidak semua netral dan teori memang sedikit bertentangan dengan realitas. Bagi wartawan Harian Pagi Radar Bogor itu sendiri pun sudah merasa profesional karena tidak melanggarr Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers. Simpulan Penelitian menunjukan bahwa konstruksi makna profesionalisme pada wartawan di Harian Pagi Radar Bogor yaitu bekerja sesuai perintah dari atasan dan memenuhi segala tugas yang diberikan. Lalu dalam menjalankan tugas tidak pernah melanggar Kode Etik Jurnalistik dan UndangUndang Pers yang telah disahkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Makna, Profesionalisme Wartawan, Harian Pagi Radar Bogor, Fenomenologi Komunikasi, Proses, Pengalaman, Realitas.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54186

Actions (login required)

View Item View Item