Strategi Komunikasi Pemasaran Sanggar Batik Katura Trusmi Cirebon

Mardianti, Resti (2017) Strategi Komunikasi Pemasaran Sanggar Batik Katura Trusmi Cirebon. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Maksud Penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan lebih dalam lagi mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Sanggar Batik Katura Dalam Melakukan Promosi pada Batik Mega Mendung Dikalangan Pengunjung,peneliti menggunakan sub fokus penelitian yaitu Penetapan Tujuan, Penetapan Sasaran, Rancangan Pesan, Saluran Media, Pengembangan Promotional Mix dan Evaluasi. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Kualitatif dengan Studi Deskriptif, Informan Penelitian berjumlah 4 (empat) orang, 2 informan kunci dan 2 informan pendukung yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, studi pustaka, internet searching, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, menarik simpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dalam Sanggar Batik KaturaTrusmi Cirebon melakukan Strategi Komunikasi Pemasaran dengan menentukan.Penetapan Tujuan untuk merubah mindset masyarakat atau pengunjung tentang apa itu batik dan membantu memberikan pemahaman serta informasi mengenai Batik Mega Mendung yang nantinya ada harapan untuk tetep bisa terus dilestarikan sebagai warisan budaya indonesia. Penetapan Sasaran yang dilakukan Sanggar Batik Katura menjadi suatu hal yang harus diperhitungkan secara tepat guna untuk mencapai hasil dan tujuan yang diinginkan,sasarannya yaitu kepada wisatawan asing dengan harapan Batik Katura dan Batik Indonesia bisa mendunia dengan target segmentasinya pada usia 20-50 tahun. Rancangan Pesan yang disampaikan adalah memberikan wawasan pengetahuan kepada para pengunjung secara rasional dengan proses penyampaian bentuk dan isi pesan secara langsung pesan yang disampaikan diharapkan bisa diterima dengan baik oleh setiap pengunjung. Saluran Media yang digunakan berupa website dan facebook memilihan media untuk membantu promosi sangat efektif guna menyampaikan informasi kepada masyarakat tanpa memperhitungkan jarak dan lain sebagainya. Promotional Mix yang dilakukan Sanggar Batik Katura dalam media iklan koran dan mengikuti pameran bertujuan untuk menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik atas produk yang di pasarkan atau yang dipromosikan agar hasil dari promosi yang dilakukan memberikan hasil yang maksimal. Evaluasi yang dilakukan Sanggar Batik Katura adalah dengan terus dilakukannya pengawasan dan peninjauan ulang pada setiap dilakukannya promosi. Hal ini bertujuan untuk melihat sejauh mana tingkat keberhasilan dan kegagalan yang dialami Sanggar Batik Katura dalam melakukan Strategi Komunikasi Pemasaran.. Simpulan Penelitian berdasarkan hasil penelitian dalam Strategi Komunikasi Pemasaran pada promosi Batik Mega Mendung yang dilakukan Sanggar Batik Katura ini telah dilakukan berdasarkan Strategi dan tahapan-tahapan yang sudah direncanakan dengan baik. Saran untuk Sanggar Batik Katura sebagai produsen batik agar tetap bisa mendukung dan membantu dalam hal melestarikan batik.dengan tetap meningkatkan mutu dan kualitasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Sanggar Batik Katura Trusmi Cirebon, Batik Mega Mendung.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54188

Actions (login required)

View Item View Item