Pembangunan Sistem Informasi Rantai Pasok Produk Menggunakan Pendekatan Supply Chain Management Di CV. Medal Sari

Aminudin (2017) Pembangunan Sistem Informasi Rantai Pasok Produk Menggunakan Pendekatan Supply Chain Management Di CV. Medal Sari. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Medal Sari adalah perusahaan makanan yang memproduksi wajit dan angleng. Produksi secara besar (Mass product) dilakukan oleh pihak CV. Medal Sari. Kelapa, Gula Merah, Gula Pasir, Ketan Putih adalah bahan baku utama dalam proses produksi. Permasalahan-permasalahan yang sering terjadi di CV. Medal Sari adalah kesulitan dalam menentukan jumlah bahan baku yang akan diadakan, dan dalam melakukan proses pendistribusian dengan adanya penjadwalan pengiriman, distribusi jumlah produk yang tepat. Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang ada pada saat ini di CV. Medal Sari, maka dibutuhkannya suatu pembangunan sistem rantai pasok dengan menggunakan pendekatan Supply Chain Management. Tujuan pembangunan sistem rantai pasok ini memudahkan dalam menentukan jumlah bahan baku yang akan dipesan ke supplier untuk memenuhi kebutuhan produksi dan mempermudah dalam melakukan proses pendistribusian dengan adanya penjadwalan pengiriman, distribusi jumlah produk yang tepat dan proses penentuan jarak terdekat. Strategi supply Chain yang digunakan adalah Push Supply Chain, karena didasarkan pada kesesuaian dari rantai pasok yang terjadi di perusahaan saat ini yaitu menggunakan strategi make-to-stock. Sistem rantai pasok ini dibangun dari bagian hulu (upstream) sampai bagian hilir (downstream). Metode peramalan kebutuhan bahan baku yang digunakan adalah Single Exponential Smoothing. Perhitungan prediksi ketersedian bahan baku di gudang menggunakan metode pengamanan persediaan (Safety stock). Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu bagian perencanaan dan pengendalian produksi dalam menentukan perencanaan kebutuhan bahan baku produksi dan mengkoordinasi setiap sektor produksi dalam penggunaan bahan baku serta menghindari kekosongan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: supply chain management, push supply chain, make-to-stock, single Exponential Smoothing, safety stock.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54403

Actions (login required)

View Item View Item