Pembangunan Sistem Supply Chain Management Di CV. Dimsum Indonesia

Elfrida Silitongan, Yanti (2017) Pembangunan Sistem Supply Chain Management Di CV. Dimsum Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. DIMSUM INDONESIA adalah salah satu pabrik makanan yang memproduksi makanan siap saji yang terdiri dari 4 kategori makanan seperti dimsum kukus bakpao talas, dimsum manis mantao mayoumas, dimsum goreng baso sotong, hakau, siomay dan dimsum panggang wotie panggang. Hasil produksi didistribusikan untuk kalangan intern restaurant yang tergabung dalam Eastern Group. Permasalahan yang dihadapi perusahaan saat ini adalah kelebihan stok bahan baku wet goods yang mengakibatkan bahan baku menumpuk di gudang terlalu lama maka kemungkinan terjadi kerusakan bahan baku dari segi bentuk maupun rasa. Serta sering terjadi kehabisan bahan bahan baku dry goods hal itu disebabkan karena perencanaan pengadaan bahan baku yang kurang tepat dan belum adanya sistem monitoring persediaan bahan baku sehingga menghambat proses produksi, yang menyebabkan pendistribusian produk ke konsumen tidak tepat waktu. Strategi Supply Chain yang digunakan pull supply chain dan push supply chain karena pemesanan bahan baku wet goods dan produksi produk baru dilakukan setelah adanya pemesanan dari konsumen atau disebut make to order, sedangkan strategi push supply chain digunakan karena pemesanan bahan baku dry goods dilakukan setiap satu bulan sekali. Perencanaan pembelian bahan baku wet goods menggunakan metode JIT dan peramalan bahan baku dry goods menggunakan metode single exponential smoothing. Hasil pengujian black box dan UAT dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu mengelola daftar pemesanan produk dari konsumen, peramalan pemesanan bahan baku dry goods untuk satu bulan, membantu menentukan jumlah pemesanan bahan baku ke supplier dan membantu dalam menentukan tanggal pendistribusian produk beserta kendaraan yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: supply chain management, pull supply chain, push supply chain, makto-order, make-to-stock, safety stock, just in time, single exponential smoothing.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54406

Actions (login required)

View Item View Item