Perancangan Kampanye Sosial Meningkatkan Motivasi Penerapan Peribahasa Ungkapan Indonesia Dalam Pergaulan Remaja Melalui Boards Games

Rahmawati, Eva (2017) Perancangan Kampanye Sosial Meningkatkan Motivasi Penerapan Peribahasa Ungkapan Indonesia Dalam Pergaulan Remaja Melalui Boards Games. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bahasa Indonesia memiliki nilai-nilai keindahan tersendiri. Salah satu nilai keindahan bahasa Indonesia terdapat pada peribahasa Indonesia. Peribahasa Indonesia merupakan kelompok kata atau kalimat yang susunannya tetap, dan berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan bertingkah laku. Namun di era globalisasi, teknologi, sosial dan budaya berkembang pesat, termasuk dalam hal berbahasa. Bahasa asing yang masuk ke nusantara perlahan-lahan mengancam kepopuleran peribahasa Indonesia. Remaja mulai berpikir untuk senantiasa mengikuti perkembangan zaman sehingga peribahasa Indonesia yang merupakan kebudayaan leluhur kerap kali dianggap kuno, terlalu kaku, dan formal. Maka dengan demikian, remaja membutuhkan dorongan dan motivasi untuk melestarian peribahasa Indonesia. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah melalui kampanye sosial yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi menerapkan peribahasa Indonesia sehingga kelestarian peribahasa Indonesia tetap terjaga. Adapun media utama dari kampanye ialah papan permainan/board games seputar peribahasa ungkapan Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: peribahasa Indonesia, remaja, papan permainan.
Subjects: ?? UNIK1487 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57424

Actions (login required)

View Item View Item