Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat Berbasis Intranet Pada Puskesmas Sukasari Cilaku

Muhammad Nursalamat, Maqi (2017) Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat Berbasis Intranet Pada Puskesmas Sukasari Cilaku. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Puskesmas adalah unit pelaksana fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat. Puskesmas sangat lah bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Namun tidak semua Puskesmas menggunakan teknologi dalam proses pelayanan, seperti proses pendaftaran pasien , pencatatan rekam medik pasien , ataupun pembayaran yang dilakukan pasien. Hal ini dikarenakan kegiatan pelayanan Puskesmas masih dilakukan dengan cara manual atau dengan cara pembukuan. Dikarenakan pengelolaan nya yang banyak dan cukup rumit dalam mengatasi beberapa masalah di atas , maka solusi yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan aplikasi sistem informasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat berbasis intranet dengan tujuan agar proses pelayanan masyarakat lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode pendekatan terstruktur. Untuk tahap pengumpulan data dengan cara observasi secara langsung ke lapangan dengan maksud untuk memahami kejadian yang sedang terjadi di instansi tersebut. Yang kedua dengan cara interview atau wawancara langsung dengan pihak terkait guna mendapatkan informasi yang akurat. Untuk metode pengembangan akan menggunakan metode prototype, yang meliputi user requirement, analysis, design, coding, testing dan maintenance. Dimana pada penggunaannya akan menggunakan tools Data Flow Diagram (DFD). Dan aplikasi nya dibangun berbasis web dengan menggunakan PHP dan database nya menggunakan MySQL. Dengan adanya sistem informasi pelayanan kesehatan masyarakat di puskesmas, dapat mempermudah dan mempercepat proses pelayanan, dapat menghemat waktu dan biaya serta meningkatkan mutu pelayanan yang lebih baik pada masyarakat sekitar ke depannya.dengan seperti itu pelayanan akan terasa lebih mudah dan juga lebih efektif serta efisien. Dan disarankan untuk mengembangkan lebih baik lagi ke depannya agar aplikasi program ini dapt berguna bagi proses pelayanan dan guna dapat mencapai visi perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Puskesmas, Pelayanan, Prototype
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57605

Actions (login required)

View Item View Item