Pengaruh Kualitas Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat Kota Cimahi terhadap Kepuasaan Pasien

Rius, Vebrian (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat Kota Cimahi terhadap Kepuasaan Pasien. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada Prinsipnya setiap perusahaan tatkala menjual produk-produknya (barang/jasa) akan dihadapkan dengan teknik penjualan yang bagus, sehingga barang yang ditawarkannya dapat terjual dengan baik. Adapun salah satu teknik penjualan yang dimaksud adalaha terkait dengan seberapa tinggi kualitas pelayanan yang diberikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh RSUD Cibabat merupakan kinerja terpenting bagi kepuasan pasien. Indikasi kepuasan pasien yang masih rendah khususnya akan pelayanan rawat inap ditemukan di RSUD Cibabat. Rendahnya kualitas pelayanan rawat inap di RSUD Cibabat dalam hal waktu tunggu pelayanan obat, lalu kurangnya tenaga medis maupun non medis dalam mengimbangi jumlah pasien yang semakin hari semakin meningkat. Keluhan lainnya dari pengguna layanan rawat inap di RSUD Cibabat yaitu menyangkut empati dari petugas medis/non medis yang masih kurang dalam mendengarkan keluhan pasien dan keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh Kualitas pelayanan rawat inap RSUD Cibabat terhadap kepuasan pasien . Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh koefisien korelasi product moment sebesar 0,675 (rhitung = 0,675). Kemudian hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 9,729. Hasil tersebut berarti terdapat pengaruh positif antara kualitas pelayanan rawat inap RSUD Cibabat terhadap kepuasan pasien. Koefisien determinasi dengan pengaruh sebesar 45.6% sementara sisanya 54,4% di pengaruhi oleh variabel/faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik kualitas pelayanan seorang pegawai medis/non medis berarti semakin baik pula kepuasan pasien dengan pelayanan rawat inap yang diberikan RSUD Cibabat. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan rawat inap RSUD Cibabat memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, Rawat Inap, Kepuasan, Pasien.
Subjects: ?? UNIK1493 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57766

Actions (login required)

View Item View Item