Rasio Profitabilitas Dan Struktur kepemilikan Institusional Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi Yang TerdaftarDi BEI

Romadon, Gilang (2018) Rasio Profitabilitas Dan Struktur kepemilikan Institusional Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi Yang TerdaftarDi BEI. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rasio Profitabilitas yang dihitung dengan menggunakan net profit margin (NPM) merupakan rasio yang digunakan untuk menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan bersih dengan perbandingan antara laba bersih setelah pajak dengan penjualan. Struktur kepemilikan institusional merupakan pemegang saham dari pihak institusional seperti bank, lembaga asuransi, perusahaan investasi dan institusi lainnya. Kebijakan dividen merupakan kebijakan dari perusahaan apakah akan membagikan keuntungan perusahaan pada pemegang saham atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas (NPM) dan struktur kepemilikan institusional terhadap kebijakan dividen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan sub sektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2015. Sampel dalam penelitian ini adalah 3 perusahaan sub sektor telekomunikasi dengan menggunakan pooled data sebanyak 30 data. Pengujian statistik yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi pearson, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan menggunakan program bantuan aplikasi SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial rasio profitabilitas (NPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen dan struktur kepemilikan institusional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Secara simultan rasio profitabilitas (NPM) dan struktur kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rasio Profitabilitas, NPM, Struktur Kepemilikan Institusional dan Kebijakan Dividen
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57883

Actions (login required)

View Item View Item