Pengaruh Modal kerja Dan Perputaran Kas Terhadap Profitabilitas (ROA) Pada Sub Sektor Pertambangan Batubara Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015

Nur Anggraini, Novita (2018) Pengaruh Modal kerja Dan Perputaran Kas Terhadap Profitabilitas (ROA) Pada Sub Sektor Pertambangan Batubara Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Setiap perusahaan mempunyai tujuan utama yaitu memperoleh laba dan tingkat profitabilitas yang tinggi, setiap perusahaan akan berusaha untuk meningkatkan profitabilitasnya karena semakin tinggi profitabilitas perusahaan maka kelangsungan hidup perusahaan akan semakin terjamin. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat profitabilitas perusahaan diantaranya yaitu modal kerja dan perputaran kas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui modal kerja dan perputaran kas terhadap profitabilitas (ROA) secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah sub sektor pertambangan batubara di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini 6 perusahaan dalam 5 periode laporan keuangan sehingga sampel sebanyak 30 data. Pengujian statistik yang digunakan adalah path analysis (analisis jalur) , uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis yang dihitung menggunakan program aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa modal kerja, perputaran kas dan profitabilitas (ROA) mengalami fluktuasi setiap tahunnya. Selanjutnya analisis statistik membuktikan bahwa secara simultan variabel modal kerja dan perputaran kas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA). Sedangkan secara parsial variabel modal kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap perputaran kas, modal kerja berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas (ROA) dan Perputaran kas berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas (ROA).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modal Kerja, Perputaran Kas dan Profitabilias (ROA)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57890

Actions (login required)

View Item View Item