Implementasi Teknologi Augmented Reality Untuk Informasi Bahan Ajar Peralatan Multimedia Di SMK Mandalasari Cikancung

Pranasucitra, Lingga (2018) Implementasi Teknologi Augmented Reality Untuk Informasi Bahan Ajar Peralatan Multimedia Di SMK Mandalasari Cikancung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Peralatan Multimedia merupakan bahan ajar dalam pelajaran praktikum peralatan multimedia tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas X (Sepuluh), pertimbangan tersebut berdasarkan silabus Jurusan Multimedia skala Nasional. Materi ini membahas tentang peralatan multimedia yang digunakan dalam memproduksi konten multimedia, seperti; gambar, suara, video serta teks. Menurut data hasil wawancara kepada kepala lab multimedia SMK Mandalasari Cikancung, saat ini tercatat dalam daftar inventaris barang lab komputer peralatan multimedia yang tersedia belum memadai sebagai pendukung bahan ajar, siswa/i pun kesulitan dalam menerima bahan ajar, disebabkan ketersediaan alat yang ada memiliki keterbatasan jumlah, serta masalah lain yang rawan terjadinya kerusakan terhadap peralatan multimedia. Aplikasi ini berbasis desktop dengan mengimplementasikan teknologi augmented reality, teknologi yang mampu menampilkan model objek3D dari sebuah peralatan multimedia, didukung dengan animasi untuk memperjelas materi bahan ajar. Aplikasi yang dibangun menggunakan tools Unity3D, dan Autodesk 3DsMax. Pengujian aplikasi menggunakan metode blackbox dan kuesioner. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi multimedia berbasis teknologi augmented reality untuk Informasi bahan ajar peralatan multimedia yang dibangun sudah cukup mengatasi masalah keterbataan peralatan multimedia dengan bentuk simulasi, para siswa/i juga merasa dimudahkan dengan aplikasi bahan ajar ini karena mampu melihat model peralatan multimedia berupa objek3D dengan detail yang cukup sama seperti fisik aslinya tanpa takut merusaknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Peralatan Multimedia, Teknologi, Augmented Reality, Informasi Bahan Ajar Peralatan Multimedia, SMK Mandalasari Cikancung.
Subjects: ?? UNIK1502 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58583

Actions (login required)

View Item View Item