Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Teknik Listrik Dan Elektronika Dasar Kelas X Di SMK Teknik Industri Pembangunan Cimahi

Ahmad Yani, Tommy (2018) Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Teknik Listrik Dan Elektronika Dasar Kelas X Di SMK Teknik Industri Pembangunan Cimahi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Teknik Listrik dan Elektronika Dasar merupakan salah satu mata pelajaran kelas X di SMK Teknik Industri Pembangunan Cimahi. Metode pembelajaran konvensional yang digunakan di SMK Teknik Industri Pembangunan Cimahi masih memiliki beberapa masalah. Berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Dadang S.St, Gr. selaku guru Teknik Listrik dan Elektronika Dasar mengatakan bahwa proses ilustrasi yang terdapat dalam materi belum tergambarkan dengan baik yang menyebabkan penyampaian kasus tidak tersampaikan secara jelas. Begitu pula dengan hasil kuisioner penelitian awal terhadap siswa SMK Teknik Industri Pembangunan Cimahi dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Aplikasi Pembelajaran Teknik Listrik dan Elektronika Dasar merupakan aplikasi yang dibangun menggunakan metode pembangunan multimedia menurut Sutopo dan juga dilengkapi dengan metode pembelajaran interaktif CAI (Computer Assisted Instruction), yang bertujuan untuk menangai permasalahan yang terjadi dalam proses kegiatan belajar mengajar Teknik Listrik dan Elektronika Dasar. Model CAI yang digunakan terdiri dari tiga, yakni model Tutorial, Simulation, dan Drills and Practice. Beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi, terdiri dari materi, simulasi dan latihan soal. Berdasarkan hasil dari penelitian yang bertujuan untuk membantu siswa dalam pelajaran Teknik Listrik dan Elektronika Dasar pada kelas X SMK Teknik Industri Pembangunan Cimahi diperoleh bahwa siswa terbantu dalam memahami cara kerja aliran Arus Dc, Perhitungan Gelang Resistor, Perhitungan Kapasitor, Simulasi Dioda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik Listrik, Elektronika Dasar, Media Pembelajaran, Computer Assisted Instruction, SMK Teknik Industri Pembangunan Cimahi.
Subjects: ?? UNIK1502 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58595

Actions (login required)

View Item View Item