Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas 1 Kota Bandung

Adhi Pradana, Thomi (2018) Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas 1 Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah permasalahan yang mana masih kurang maksimal dalam pembuatan paspor biasa, sehingga melahirkan stigma di masyarakat bahwa terdapatnya pengawasan dan pelayanan yang kurang baik. Pemerintah mengambil langkah kongkrit agar pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Bandung dapat terimplementasi dengan baik dan mampu memenuhi kepuasan publik. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori Delivering Quality Service dari Valarie Zeithaml, Parasuraman, Berry. Teori yang digunakan ini terdiri dari lima dimensi yang mempengaruhi kualitas pelayanan yaitu: Bukti fisik (Tangibles), Kehandalan (Reliability), Ketanggapan (Responsiveness), Jaminan Kepastian (Assurance), dan Empati (Emphaty). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi non partisipan, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan peneliti kepada aparatur adalah purposive, sedangkan kepada masyarakat peneliti menggunakan accidental. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Fasilitas fisik berupa perlatan, pegawai, dan materi komunikasi masih kurang baik. Kehandalan berupa pelayanan yang terpercaya dan pelayanan yang akurat belum berjalan dengan baik. Ketanggapan seperti ketersediaan membantu serta memberikan pelayanan yang tepat berjalan cukup baik. Jaminan kepastian yang berupa ilmu pengetahuan yang dimiliki, kesopanan dan kemampuan menyampaikan pada masyarakat telah berjalan dengan cukup baik. Dan empati yang berupa kemudahan dalam melakukan hubungan komunikasi yang baik, serta pemenuhan kebutuhan terhadap masyarakat dalam pelayanan paspor berjalan dengan baik. Kesimpulan yang dapat ditarik yaitu dengan demikian kualitas pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Bandung dalam pelayanan pembuatan paspor masih belum memberikan kontribusi yang baik dan memuaskan pada masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, paspor
Subjects: ?? UNIK1533 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58937

Actions (login required)

View Item View Item