Analisis Atas Implementasi Standar Akuntansi Pemerintahan (Psap 02 Laporan Realisasi Anggaran) Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan(Studi Kasus Pada Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat)

Frida Sugiarti, Ayuni (2018) Analisis Atas Implementasi Standar Akuntansi Pemerintahan (Psap 02 Laporan Realisasi Anggaran) Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan(Studi Kasus Pada Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Fenomena yang terjadi adalah adanya salah pencatatan belanja sehingga terjadi kelebihan pembayaran belanja dan pengelolaan database yang belum optimal sehingga akan menimbulkan penurunan kualitas laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji seberapa besar pengaruh implementasi Standar Akuntansi Pemerintahan (PSAP 02 Laporan Realisasi Anggaran) terhadap kualitas laporan keuangan dan seberapa besar pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan. Jenis penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 33 pegawai dengan sampel 33 pegawai di Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada pegawai sebagai responden. Teknis analisis data menggunakan (SEM) PLS dengan bantuan software SmartPLS. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa implementasi Standar Akuntansi Pemerintahan (PSAP 02 Laporan Realisasi Anggaran) berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pada Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Standar Akuntansi Pemerintahan, PSAP 02 Laporan Realisasi Anggaran, Pemanfaatan teknologi Informasi dan Kualitas Laporan Keuangan
Subjects: ?? UNIK1515 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59490

Actions (login required)

View Item View Item