PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL KORAN JAMBI INDEPENDENT.

Eko Prasetiadi, Deddy (2006) PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL KORAN JAMBI INDEPENDENT. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Koran merupakan salah satu media lini atas yang diperuntukkan untuk umum, menyangkut kepentingan umum merangkuman semua isi berita di sajikan melalui media cetak yang meliputi penempatan komposisi layout, Dimana setiap bentuk layout harus mampu berbicara kepada pembaca, lewat tampilan unsur rupa visual seperti: Garis, Bidang, Bentuk, Warna, Tipografi, Ilustrasi sebagai bentuk kesatuan secara visual. Seluruh struktur rupa yang terlihat dari sebuah layout, pada intinya adalah wujud visualisasi dari segala gagasan yang memotifasi terciptanya layout tersebut, kehadiran wujud atau struktur visual juga harus dilihat sebagai wujud pertalian antara konsep dan rupa Susunan elemen dan ruang pada dasarnya adalah merupakan suatu gagasan, yang terciptanya bentuk layout yang menarik dan inovatif merangkaikan unsur grafis tulisan, warna serta unsur-unsur lainnya yang memuat pesan sebagai komunikasi masa. Informasi saat ini merupakan suatu yang sangat berharga dan mudah untuk didapatkan, karena semakin banyaknya media-media informasi yang menawarkan berita aktual berasal dari media lini atas maupun lini bawah sehingga memberi kesempatan kepada calon pembeli untuk memilih media mana yang cocok untuk mereka, selain isi berita calon pembeli juga memperhatikan Identitas dan layout yang menarik , karena itu banyak media-media informasi cetak dan elektronik saat ini berusaha memberikan tampilan identitas yang berkarakter serta layout semenarik mungkin untuk meningkatkan penjualan serta memberikan pelayanan kepada konsumennya. Sebuah media informasi harus memiliki strategi komunikasi yang baik pada identitas perusahaan, komunikasi yang tersirat didalam sebuah identitas lambang ataupun logo, bukanlah sebuah bentuk komunikasi yang mudah untuk diartikan selayaknya apabila kita berbicara secara verbal dengan seseorang Koran Jambi Independent memiliki sejarah yang sangat panjang dari tahun 60-an mulai dari terbit mingguan dengan cetakkan folio sampai berubah menjadi Koran harian pertama di Jambi, dengan Oplah terbesar, Pada tahun 2000 Ukuran kertas telah mengalami pengecilan menjadi lebih ramping tetapi tidak diimbangi dengan bentuk Layout dan Identitas yang mendukung visualisasi dari Karakter koran. Di Propinsi Jambi Terdapat tiga Koran Harian dibawah Jawa Pos Group 2 diantaranya memiliki target pembaca yang sama yaitu kelas (High Brown News Paper) , Layout dan Identitas Koran tersebut juga Hampir menyerupai, Sebaiknya walaupun dibawah Group yang Sama setiap Koran memiliki ciri dan pembeda pada Visual Identitasnya yang menggambarkan karakter dari Perusahaan tersebut. Saat ini ada belasan Koran lokal yang terbit di Jambi Baik Harian maupun mingguan dengan Kehasan lebih banyak mengulas berita-berita daerah, Jambi Independent Sebagai Koran pertama dan terbesar yang akan menjadi contoh dan pemimpin Koran-koran lokal di Propinsi Jambi Sebaiknya memiliki Identitas Visual yang kuat, Unik, Menarik dan Komunikatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7633

Actions (login required)

View Item View Item