PERANAN HUBUNGAN PEMERINTAHAN DAN MASYARAKAT (HUPMAS) MELALUI KEGIATAN SOSIALISASI LOGO BARU TERHADAP PEMAHAMAN KARYAWAN DI PT. PERTAMINA (PERSERO) UPMS III CABANG BANDUNG

Kadarusman, Eka (2006) PERANAN HUBUNGAN PEMERINTAHAN DAN MASYARAKAT (HUPMAS) MELALUI KEGIATAN SOSIALISASI LOGO BARU TERHADAP PEMAHAMAN KARYAWAN DI PT. PERTAMINA (PERSERO) UPMS III CABANG BANDUNG. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana peranan hubungan pemerintahan dan masyarakat (hupmas) melalui kegiatan sosialisasi logo baru terhadap pemahaman karyawan di PT. Pertamina (PERSERO) UPMS III cabang Bandung. Penelitian ini juga menganalisis mengenai seberapa besar pengaruh dari bentuk-bentuk kegiatan Hupmas, media yang digunakan oleh Hupmas dan sejauhmana penyampaian pesan sosialisasi yang dilakukan, perhatian, pengertian, serta penerimaan karyawan. Tipe penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian survey deskriptif, sedangkan dalam teknik pengumpulan data penelitian penulis menggunakan angket, wawancara, studi literatur dan penelusuran data online. Dalam pengolahan data menggunakan Program SPSS 12.0 dengan Uji Spearman. Sampel dari penelitian ini seluruh jumlah karyawan tetap PT. Pertamina Cabang Bandung, jumlah banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 33 orang karyawan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan bentuk-bentuk kegiatan terhadap mensosialisasikan logo baru adalah sebesar 95,06% yang berarti sangat tinggi, hubungan media yang digunakan terhadap mensosialisasikan logo baru adalah sebesar 95,06% yang berarti sangat tinggi, hubungan antara penyampaian pesan dengan mensosialisasikan logo baru, sebesar 95,06% yang berarti sangat tinggi, hubungan perhatian terhadap peranan Hupmas adalah sebesar 95,06% yang berarti sangat tinggi, hubungan pengertian terhadap peranan Hupmas adalah sebesar 89,68% yang berarti tinggi, hubungan penerimaan terhadap peranan Hupmas adalah sebesar 100% yang berarti sangat tinggi. Kesimpulan yang diperoleh adalah, terdapat hubungan yang sangat baik antara peranan hupmas melalui kegiatan sosialisasi logo baru dengan pemahaman karyawan di PT. Pertamina (PERSERO) UPMS III cabang Bandung. Saran peneliti kepada Bagian Hupmas PT. Pertamina (PERSERO) UPMS III cabang Bandung setelah melakukan penelitian yaitu agar penyampaian pesan kepada karyawan tidak hanya dilakukan sebatas pemberitahuan saja, akan tetapi lebih kepada ajakan atau persuasif, sehingga karyawan dapat melakukan program-program baru tersebut sesuai dengan tujuan perusahaan secara penuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7997

Actions (login required)

View Item View Item