Rosihan Anwar, Devidly (2010) Perancangan Edu-Bot Sebagai Sarana Edukasi Teknologi Robotika. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi robotika telah berkembang pesat, teknologi ini tidak hanya berkembang dalam dunia industri saja, akan tetapi teknologi robot sudah berkembang menjadi salah satu media edukasi bagi siswa-siswi sekolah menengah pertama. Siswa-siswi sekolah menengah pertama memiliki pengetahuan serta prasarana pembelajaran mengenai teknologi robotika yang kurang, salah satu cara untuk memperkenalkan teknologi robotika adalah dengan dibuatnya Edu-Bot (education robot) yang pengendaliannya dilakukan oleh PC (personal computer). Edu-Bot dibuat dengan tujuan agar dapat dijadikan sebagai sarana edukasi teknologi robotika yang diimplementasikan pada siswa-siswi sekolah menengah pertama. Untuk dapat dikatakan sebagai sarana edukasi teknologi robotika maka dilakukan pengujian terhadap Edu-Bot yang terdiri dari pengujian terhadap perancangan perangkat keras dan perangkat lunak yang terdapat pada Edu-Bot serta pengujian kelayakan dari perancangan Edu-Bot. Pengujian terhadap perangkat keras dan perangkat lunak yang terdapat pada Edu-Bot dilakukan dengan melakukan pengujian pada tiap gerak pada Edu-Bot yang terdiri dari gerak maju sejauh 20 cm, belok kanan 90o, belok kanan 45o, belok kiri 90o, belok kiri 45o, kemudian dilakukan pengujian terhadap tingkat keberhasilan Edu-Bot dalam menyelesaikan labirin, kedua pengujian tersebut dilakukan agar Edu-Bot dapat bekerja sesuai dengan apa yang diinginkan. Sedangkan pengujian kelayakan dari perancangan Edu-Bot dilakukan melalui pengisian kuesioner yang disebarkan ke siswa-siswi SMP 2 Cimahi yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di bidang IT, sebelum kuesioner tersebut dibagikan, terlebih dahulu siswa-siswi SMP 2 Cimahi menerima penjelasan mengenai gambaran umum dari teknologi robotika, penjelasan mengenai komponen penyusun Edu-Bot secara umum (perangkat keras), serta penjelasan mengenai perancangan perangkat lunak secara umum. Setelah diberikan penjelasan, Edu-Bot didemokan dihadapan siswa-siswi SMP 2 Cimahi, kemudian yang terakhir dilakukan adalah dengan membagikan kuesioner kepada siswa-siswi SMP 2 Cimahi. Tujuan dari pengisian kuesioner ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari perancangan Edu-Bot apakah sudah dapat dijadikan sebagai sarana edukasi teknologi robotika bagi siswa-siswi SMP. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengisian kuesioner diketahui bahwa perancangan Edu-Bot sudah dapat dijadikan sebagai sarana edukasi teknologi robotika bagi siswa-siswi SMP 2 Cimahi. Sedangkan manfaat dari perancangan Edu-Bot bagi siswa-siswi SMP 2 Cimahi adalah agar siswa-siswi SMP 2 Cimahi dapat mengetahui tentang teknologi robotika serta implementasinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | robotika, mikrokontroler, optocoupler, EEPROM AT24C64. |
Subjects: | D3 Tugas Akhir > Teknik Komputer > 2010 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:53 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:53 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16108 |
Actions (login required)
View Item |