Perancangan Edu-Bot Sebagai Sarana Edukasi Teknologi Robotika

Rosihan Anwar, Devidly (2010) Perancangan Edu-Bot Sebagai Sarana Edukasi Teknologi Robotika. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan teknologi robotika telah berkembang pesat, teknologi ini tidak hanya berkembang dalam dunia industri saja, akan tetapi teknologi robot sudah berkembang menjadi salah satu media edukasi bagi siswa-siswi sekolah menengah pertama. Siswa-siswi sekolah menengah pertama memiliki pengetahuan serta prasarana pembelajaran mengenai teknologi robotika yang kurang, salah satu cara untuk memperkenalkan teknologi robotika adalah dengan dibuatnya Edu-Bot (education robot) yang pengendaliannya dilakukan oleh PC (personal computer). Edu-Bot dibuat dengan tujuan agar dapat dijadikan sebagai sarana edukasi teknologi robotika yang diimplementasikan pada siswa-siswi sekolah menengah pertama. Untuk dapat dikatakan sebagai sarana edukasi teknologi robotika maka dilakukan pengujian terhadap Edu-Bot yang terdiri dari pengujian terhadap perancangan perangkat keras dan perangkat lunak yang terdapat pada Edu-Bot serta pengujian kelayakan dari perancangan Edu-Bot. Pengujian terhadap perangkat keras dan perangkat lunak yang terdapat pada Edu-Bot dilakukan dengan melakukan pengujian pada tiap gerak pada Edu-Bot yang terdiri dari gerak maju sejauh 20 cm, belok kanan 90o, belok kanan 45o, belok kiri 90o, belok kiri 45o, kemudian dilakukan pengujian terhadap tingkat keberhasilan Edu-Bot dalam menyelesaikan labirin, kedua pengujian tersebut dilakukan agar Edu-Bot dapat bekerja sesuai dengan apa yang diinginkan. Sedangkan pengujian kelayakan dari perancangan Edu-Bot dilakukan melalui pengisian kuesioner yang disebarkan ke siswa-siswi SMP 2 Cimahi yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di bidang IT, sebelum kuesioner tersebut dibagikan, terlebih dahulu siswa-siswi SMP 2 Cimahi menerima penjelasan mengenai gambaran umum dari teknologi robotika, penjelasan mengenai komponen penyusun Edu-Bot secara umum (perangkat keras), serta penjelasan mengenai perancangan perangkat lunak secara umum. Setelah diberikan penjelasan, Edu-Bot didemokan dihadapan siswa-siswi SMP 2 Cimahi, kemudian yang terakhir dilakukan adalah dengan membagikan kuesioner kepada siswa-siswi SMP 2 Cimahi. Tujuan dari pengisian kuesioner ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari perancangan Edu-Bot apakah sudah dapat dijadikan sebagai sarana edukasi teknologi robotika bagi siswa-siswi SMP. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengisian kuesioner diketahui bahwa perancangan Edu-Bot sudah dapat dijadikan sebagai sarana edukasi teknologi robotika bagi siswa-siswi SMP 2 Cimahi. Sedangkan manfaat dari perancangan Edu-Bot bagi siswa-siswi SMP 2 Cimahi adalah agar siswa-siswi SMP 2 Cimahi dapat mengetahui tentang teknologi robotika serta implementasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: robotika, mikrokontroler, optocoupler, EEPROM AT24C64.
Subjects: D3 Tugas Akhir > Teknik Komputer > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16108

Actions (login required)

View Item View Item