Dwi Rahmatya, Myrna and Fajar Wicaksono, Mochamad (2022) E-learning Daarul Adab sebagai Media Pendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), 12 (1). pp. 16-29.
|
Text
[B.A.4.1.Artikel].pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
[B.A.4.1.Turnitin].pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pandemi Covid-19 telah mengubah pola hidup masyarakat termasuk dalam pembelajaran. Aktivitas pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka kini dilakukan secara daring ataupun tatap muka terbatas. Oleh karena itu, untuk membantu guru dalam menyampaikan materi maupun tugas tanpa harus bertatap muka maka diperlukan e-learning. Tujuan penelitian ini adalah membangun e-learning Daarul Adab sebagai media pendukung pembelajaran. Pembangungan e-learning Daarrul Adab menggunakan metode pendekatan berbasis objek dan metode pengembangan sistem menggunakan waterfall. e-Learning yang dibangun merupakan aplikasi web yang dapat membantu guru dalam membagikan materi baik berupa file modul, video, dan tugas. Selain itu, siswapun dapat mengakses materi dan tugas kapanpun dan dimanapun tanpa terbatas waktu dan tempat. Siswa juga dapat memutar video materi berulang kali bila terdapat bagian yang belum dipahaminya. e-Learning juga dilengkapi dengan forum diskusi yang memungkin siswa dan guru berkomunikasi seputar pembelajaran tanpa terbatas dengan jadwal belajar. Sebagai betuk evaluasi pembelajaran guru dapat memberikan tugas berupa pilihan ganda melalui e-learning. Pengujian dilakukan pada modul pembagian materi, pembuatan soal tugas, dan pengerjaan soal tugas. Hasil pengujian e-learning menunjukkan bahwa e-learning bekerja sesuai dengan harapan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Jurnal Tercetak |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika (D3) |
Depositing User: | Myrna Dwi Rahmatya |
Date Deposited: | 28 Apr 2023 06:38 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 06:38 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/69822 |
Actions (login required)
View Item |