Penggunaan Akuntansi Dasar Umkm Pada Pembuatan Laporan Keuangan Pengusaha Sarung Di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung

Bramasto, Ari and Harissa, Puti and Dewi Anggadini, Sri (2022) Penggunaan Akuntansi Dasar Umkm Pada Pembuatan Laporan Keuangan Pengusaha Sarung Di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. INDONESIAN COMMUNITY SERVICE AND EMPOWERMENT JOURNAL (ICOMSE), 3 (1).

[img] Text
[B.A.41].pdf

Download (1MB)
[img] Text
Turnitin.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Korespondensi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Minimnya pengetahuan penggunaan laporan keuangan, kesulitan dalam penggunaan aplikasi laporan keuangan, masalah pemasaran produk yang terbatas. CV. Mekar Jaya, sebagai salah satu bentuk usaha perorangan di Majalaya Kabupaten Bandung mengalami berbagai permasalahan tersebut. Padahal penerapan akuntansi dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan pencatatan dan pengambilan keputusan serta perencanaan jangka panjang untuk alat kontrol pada UMKM demi menghindari pengeluaran di luar dari perencanaan UMKM bahkan agar dapat mengetahui adanya utang terhadap pihak lain. CV Mekar Jaya belum mampu membuat Laporan Keuangannya. Tujuan Program Pengabdian Masyarakat ini yakni terselenggaranya tertib administrasi Laporan Keuangan UMKM. Metode pelaksanaan untuk mengatasi permasalahan dengan sosialisasi manfaat dan pentingnya laporan keuangan untuk CV. Mekar Jaya, pelatihan penggunaan aplikasi Excel dan alternatif yang lain menggunakan aplikasi LAMIKRO, pendampingan setiap akhir pekan selama 2 bulan sehingga mampu melaporkan Neraca (Posisi Keuangan), Laporan Laba Rugi dan Laporan Perubahan Modal. Hasil laporan keuangan tersebut bisa digunakan CV. Mekar Jaya membuat keputusan bersifat finansial, mengontrol biaya operasional bisnis, mengetahui hutang piutang, memperhitungkan pajak, dan lain-lain. Luaran Wajib yang di harapkan dengan publikasi di media sosial, jurnal dan berita online, sementara untuk luaran tambahan dengan pengajuan berupa Hak Cipta Sederhana.

Item Type: Article
Subjects: Jurnal Tercetak
Divisions: Universitas Komputer Indonesia
Depositing User: Muhamad Heru Nuralam
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:15
Last Modified: 17 Jul 2023 02:15
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/70327

Actions (login required)

View Item View Item