Afrianto, Irawan and Fahmi Irfan, Muhammad and atin, Sufa (2019) Aplikasi Chatbot Speak English Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android. KOMPUTIKA - JURNAL SISTEM KOMPUTER, 8 (2). ISSN 22529039
Text
FULL ARTIKEL.pdf Download (1MB) |
|
Text (SUFA ATIN)
KORESPONDENSI.pdf Download (336kB) |
|
Text (SUFA ATIN)
SIMILARITY.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan Bahasa Inggris yang baik tentu akan menjadi modal kompetitif, baik dalam bidang pendidikan maupun pekerjaan.Teknologi chatbot adalah merupakan teknologi yang dapat dimanfaatkaan sebagai solusi untuk permasalahan dalam lingkup edukasi. Beberapa penelitian telah membuktikan pemanfaatan chatbot sebagai media belajar, terutama pembelajaran Bahasa Inggris. Disamping itu, sumber daya untuk mendukung pengembangan teknologi chatbot sudah cukup banyak tersedia, seperti API yang mempermudah untuk pembuatan chatbot seperti Dialogflow API yang digunakan pada penelitian ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah berlatih dan evaluasi mandiri. Adapun tools pendukung ialah Languagetool API untuk koreksi grammar, Google Speech Recogntion dan Google Text-to-Speech menyediakan antarmuka voice chat. Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan teknologi chatbot, tepatnya dengan membangun sebuah aplikasi android sebagai media latihan percakapan Bahasa Inggris. Adapun hasil pengujian menyimpulkan bahwa 63,96% pengguna menyatakan setuju dengan fitur yang dikembangkan pada aplikasi tersebut. Pengguna setuju, sistem yang telah dibangun dapat menjadi solusi untuk permasalahan tersebut, yakni sebagai media latihan percakapan Bahasa Inggris, selain itu pengguna juga terbantu dengan adanya fitur-fitur seperti voice chat, koreksi kesalahan, log harian untuk berlatih dan evaluasi mandiri.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Jurnal Tercetak |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia |
Depositing User: | Yudha Taufik Nugraha |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 07:28 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 07:28 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/70706 |
Actions (login required)
View Item |